TMMD  

TMMD Bawa Akses Petani Maju

Demak — Guna meningkatkan sektor pertanian, Prajurit TNI membantu Pemerintah Kabupaten demak melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 105 Kodim 0716 Demak, akan mempermudah aktivitas warganya dalam bidang pertanian.

Seperti program pembangunan infrastruktur akses jalan di Desa kalikondang Kecamatan demak. Menurut Kepala Desa kalikondang Asif Barchiya saat di temui mangatakan, dengan adanya pembangunan akses jalan yang akan di kerjakan oleh TNI melalui program TMMD reguler 105 itu para petani kalikondang bakal tingkatkan produksi pertanian.

Menurutnya, “Pembangunan akses jalan tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani. Sebab, jalan yang biasanya digunakan masyarakat cenderung menyulitkan karena jelek atau belum memadai. Seperti diketahui, ada sejumlah sektor komoditas pertanian yang menjadi unggulan di Desanya, seperti padi dan polowijo Ungkapnya

“Untuk itu, petani harus diberi kemudahan, agar aktivitas mereka selama bertani menjadi lancar,” bebernya.

Sedangkan menurut Nurkolis (50) rt 6/6 Dukuh Nduduk ketua Gapoktan Ngudi Luhur yang membawahi 6 poktan yaitu Poktan ngudi rahayu, poktan sri rejeki, poktan mekar sari , poktan tlogo tani makmur dan poktan sukatani Dirinya yakin, dengan fasilitas yang memadai, petani tidak hanya bersemangat dalam bertani, melainkan juga dapat memacu peningkatan produksi pertanian di Desanya. Sehingga mesin combine atau pemanen padi bantuan pemerintah dapat di operasionalkan secara langsung, warga kalikondang dapat berpartisipasi mewujudkan swasembada pangan. Tentu saja dalam mewujudkannya juga tidak lepas dari dukungan pemerintah kabupaten.

Dirinya berharap, dengan di bangunya infrastruktur akses jalan dan sejumlah fasilitas lainya, petani di Desa Kalikondang dapat lebih bersemangat dalam bertani. ” tuturnya.(Pendim 0716/Demak)