Begini Kekompakan TNI & Warga di TMMD 105 Kronjo

oleh -

Terik matahari tidak menyurutkan semangat personel Satuan Tugas (Satgas) TMMD 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa dan warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Diantara sinar matahari yang memanggang tubuh mereka, Jumat (19/7/2019), kekompakan justru terjalin saat mengerjakan pemasangan bekisting (papan cor) jalan desa setempat.

Seperti terpantau awak media, puluhan warga dan personel TNI itu memasang bekisting sepanjang sekitar 100 meter. Ada yang memasang papan, patok dan bambu penahan. Posisi jalan yang akan dicor di atas area pesawahan, membuat Satgas harus memastikan tidak ada yang kurang sebelum dilakukan pengecoran.

“Sampai saat ini, semua pekerjaan berjalan lancar. Kami berterima kasih kepada warga Desa Blukbuk atas partisipasi aktifnya,” Kata Danramil Kronjo Kapten Inf Dwi Saputro di lokasi.

Dwi yang sehari-hari berjibaku di lokasi menambahkan, hingga hari kesembilan program bakti fisik TMMD itu, target pekerjaan pengecoran jalan sudah mencapai 30 persen.

“Panjang jalan yang sudah dicor sekitar 250 meter dari total 1.130 meter. Ini hasil gotong royong antara warga dengan Satgas,” tambahnya.

Terpisah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, bakti fisik TMMD menjadi ruang berbaur personel TNI dengan warga. Hasil dari pembauran itu, kata dia, pihaknya mendapatkan banyak pembelajaran berharga.

“Pembelajaran utama yang kami dapatkan tentunya terkait karakter masyarakat desa yang masih kuat budaya gotong royongnya di tengah situasi kehidupan yang semakin penuh tantangan seperti saat ini. Saya kira, ini modal sosial dan kultural kita menghadapi tantangan global,” kata Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.