Tak Sungkan Bantu Memasak, Satgas TMMD 105 Dipuji Warga Blukbuk

oleh -

Setelah Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampublon memuji masakan ibu-ibu desa setempat, giliran anggota Satgas yang unjuk kepiawaian di dapur warga.

Keterampilan memasak itu ditunjukkan Letnan Dua (Letda) Umar Ode. Umar tak sungkan membantu Sumiati, salah seorang juru masak Satgas TMMD itu.

“Saya mau menunjukkan cara memasak teri kukis ala Ambon. Pasti semua suka,” celoteh Umar sambil memasak di dapur Sumiati warga Kampung Blukbuk Bojong, RT 03/04, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, lokasi TMMD itu berlangsung.

Teri kukis ala Ambon tersebut, lanjut Umar, berbahan dasar ikan teri dan terigu yang diracik menggunakan bumbu dapur seperti garam, bawang dan penyedap rasa. Semua bahan itu diaduk hingga rata kemudian dicelupkan ke minyak goreng yang telah panas.

“Hasilnya nanti bisa dicoba, pasti suka,” tambahnya.

Kepiawaian Umar memasak dipuji Sumiati. Ia mengagumi Umar yang tidak hanya pandai mengerjakan pekerjaan berat, namun juga mampu menggantikan peran seorang perempuan di dapur.

“Anggota TNI memang luar biasa. Mereka rata-rata bisa hidup mandiri kemudian bisa membantu pekerjaan seorang istri di dapur,” katanya.

Sementara, Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara mengatakan, seorang prajurit TNI memang dilatih untuk mampu hidup mandiri. Kata Parada, selain tangguh dalam menjaga keamanan bangsa dari ancaman serta rongrongan asing, juga dituntut terampil mengerjakan pekerjaan domestik.

“Dari urusan bertempur hingga dapur, seorang prajurit harus menguasainya,” katanya.

Kemandirian itu, lanjut Parada, yang ingin ditransformasikan kepada masyarakat desa setempat. Sehingga, usai TMMD selama sebulan itu dihelat, warga Desa Blukbuk tidak hanya mendapatkan manfaat secara fisik, yaitu jalan desa yang lebih baik, namun juga mendapatkan pengalaman lain, yakni berupa transformasi nilai dan pengetahuan anggota TNI.

“Kami berharap, nilai-nilai hidup seorang prajurit TNI itu memberikan dampak untuk kehidupan masyarakat menjadi lebih baik,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa.