TMMD  

DANSATGAS TMMD LETKOL INF KUSNANDAR HIDAYAT, S.SOS. TEGUR SAPA DENGAN WARGA DUASUDARA

BITUNG – Keakraban dan kebersamaan ini terjalin tidak hanya terlihat disaat makan bersama atau sedang melakukan pekerjaan infrastruktur, dimanapun berada atau bertemu, tegur sapa dengan warga selalu dilakukan satgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung.

Banyak cara yang dilakukan personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 untuk mengurangi kelelahan, salah satu dengan bersenda gurau dengan warga saat di lokasi TMMD ke-105 di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung.

Seperti yang dilakukan Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, disela-sela menjalankan peninjauan di lokasi TMMD, sikap tegur sapa dengan warga tetap saja dilakukan. Tampak Dansatgas sedang menyapa bapak-bapak di jalan baru yang sedang melintas dengan kendaraannya.

“Hal ini dilakukan untuk menjaga kedekatan TNI dengan warga. Apalagi dalam pelaksanaan TMMD selama kurang lebih satu bulan kedepan TNI akan selalu berbaur, bersama-sama warga mengerjakan program yang menjadi sasaran fisik dan non fisik TMMD,” ungkap Dansatgas.

Berbekal kemampuan sikap teritorial TNI, Kodim 1310/Bitung tidak mengalami kesulitan berbaur dengan masyarakat. Sebab rata-rata personel TNI dibekali kemampuan teritorial.

Menurut Johan (47) warga Duasudara ini menuturkan, saya sangat bangga dan senang disapa Komandan Satgas TMMD. Saya ini hanya seorang petani yang sering lewat di jalan ini berangkat dan pulang dari kebun.

“Kalau bapak-bapak tentara baik seperti ini, saya malah lebih segan kepada bapak-bapak Tentara,” katanya.

Tapi dengan rendah hati Dansatgas menanggapi pernyataan beliau bahwa, Tentara dengan rakyat merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“TNI berasal dari rakyat dan akan kembali menjadi rakyat, saat memasuki purna tugas atau pensiun, ujar Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.