KEBERADAAN JALAN TEMBUS DUASUDARA-APELA, MENGUNTUNGKAN PETANI

oleh -

BITUNG – Proyek pembukaan akses jalan baru di Kelurahan Duasudara ke Apela Satu dan Apela Dua, Kecamatan Ranowulu yang tengah dikerjakan personel tentara melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 TA. 2019, sangat dirasakan masyarakat akan manfaatnya.

Bakti TNI yang dilakukan personel satgas TMMD 105 Kodim 1310/Bitung ini sangat diapresiasi, mengingat akses jalan ini juga bakal menjadi alternatif untuk memperpendek jarak menuju Kelurahan Apela, yang sebelumnya harus mutar.

“Kami atas nama pemerintahan Kecamatan Ranowulu, sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program pemerintah yang mana bekerjasama dengan TNI melalui program TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung,” terang Diana Eva Sambiran, SH. selaku Camat Ranowulu.

Menurut Diana, dengan terbangunnya akses jalan dari Kelurahan Duasudara menuju Kelurahan Apela Satu dan Apela Dua, tentunya membuka jalan bagi masyarakat, khususnya akses pengangkutan hasil pertanian.

“Keberadaan jalan ini bisa menguntungkan petani dalam mengolah lahan perkebunan dan mengangkut hasil bumi dengan mudah. Dan tentunya kami sangat berterima kasih,” jelasnya.

Jalan akses ini dikerjakan 150 personel satgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung ini, hingga kini telah mencapai 85 persen dari total jalan sepanjang 4.400 meter dengan lebar 6 meter.

Untuk mewujudkan jalan akses ini, tak sedikit personel satgas TMMD yang rela berjemur di bawah terik matahari yang menyengat dan bermandikan hujan. Bahkan mereka tampak tak peduli, demi merealisasikan target pembuatan jalan bagi masyarakat.