Makan Bersama, Tradisi di TMMD 105 Kronjo

oleh -

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa di Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjoz Kabupaten Tangerang telah memasuki hari ke-12. Selama program itu berlangsung, Satuan Tugas (Satgas) mendapatkan pelayanan makan dan minum di posko.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon selaku Komandan Satgas TMMD 105 Kronjo membuat kebijakan tidak membuka dapur umum di lokasi kegiatan. Kata Parasa, selain untuk meningkatkan efektivitas waktu, juga untuk memberdayakan ibu-ibu di desa setempat.

Alhasil, setiap memasuki waktu makan, personel satgas senantiasa makan bersama. Suasana ini juga membuat mereka merasa lebih nyaman.

“Makan bersama ini semakin menumbuhkan rasa kebersamaan kami sebagai personel satgas,” ujar Sertu Wayan, salah satu personel satgas TMMD 105 Kronjo, Senin (22/7/2019).

Lanjut Wayan, tradisi makan bersama sudah menjadi kebiasaan prajurit TNI. Namun, lanjut dia, makan bersama di lokasi TMMD itu memiliki keistimewaan tersendiri.

“Selain masakannya khas warga desa di sini, kami juga diperlakukan seperti anggota keluarga sendiri oleh pemilik rumah yang dijadikan posko,” tambahnya.

Terpisah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, tradisi makan bersama itu akan meningkatkan rasa cinta prajurit TNI terhadap masyarakat. Kebijakan tidak membuka dapur umum dinilainya sudah tepat.

“Karena program TMMD memiliki tujuan khusus yaitu membangun kemanunggalan TNI dan rakyat, maka setiap sisi kebijakan kami arahkan untuk mencapai tujuan itu. Sehingga soal memasak pun kami perhitungkan sedemikian rupa,” kata Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.