TMMD  

Bercengkrama dengan Warga, Satgas TMMD 105 Kronj

Setiap kesempatan dimanfaatkan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa untuk memperkuat rasa nasionalisme warga.

Seperti saat personel satgas bercengkrama dengan warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Senin (22/7/2019).

Disela-sela waktu beristirahat itu, Letnan Dua Inf Amin yang menjadi Komandan Peleton (Danton) TMMD saat bercengkrama dengan warga disela-sela waktu istirahat pengecoran jalan desa itu, mengatakan bahwa setiap orang bisa berbuat untuk bangsa dan negara.

“Misalnya, dengan taat membayar pajak, itu bukti bela negara,” kata Amin.

Selain itu, Amin juga berpesan agar warga jangan sekali-kali mudah mempercayai informasi yang beredar di media sosial yang tidak jelas sumber dan isi kebenarannya. Kata dia, informasi bohong atau hoaks itu hanya akan memperkeruh keadaan dan meresahkan masyarakat.

“Kalau menerima informasi lewat WhatsApp atau media sosial lainnya yang tidak jelas sumbernya dan juga isi informasinya, abaikan saja. Jangan suka menyebarluaskan lagi, karena ada hukum yang mengatur soal itu. Pembuat dan penyebar hoaks bisa terjerat hukum pidana,” jelasnya.

Iwan juga berpesan untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama warga negara.

“Bersatu kita kuat, karena persatuan bangsa Indonesia ini terus bisa melakukan pembangunan, contoh kongkretnya pembangunan di desa bapak-ibu ini,” ucapnya.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara mengatakan, asupan pengetahuan bagi warga desa terkait bela negara sangat penting. Pasalnya, kata Parada, minimnya pengetahuan acapkali membuat warga yang tidak menahu informasi yang berkembang, kerap menjadi korban informasi bohong atau haoks yang menyesatkan mereka.

“Transformasi pengetahuan harus terus dilakukan untuk membentengi warga dari berbagai informasi bohong yang saat ini mudah beredar sejak adanya media sosial. Upaya satgas mensosilisasikan pengetahuan bela negara untuk memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa,” papar Parada.