Anak-anak Desa Blukbuk Punya Ruang Bermain

oleh -

Padatnya kawasan pemukiman Kampung Blukbuk Luwung, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang membuat anak-anak setempat tidak memiliki ruang bermain.

Akhirnya, jalan desa yang telah mulai mengering selesai dicor pun menjadi arena bermain mereka.

Meski perkampungan di pedesaan, pemukiman di kampung Blukbuk Luwung padat. Bahkan, jarak antara rumah dengan jalan pun tak terjeda garis sempadan.

Tak sedikit pula rumah yang tidak memiliki halaman. Alhasil, anak-anak tidak memiliki ruang bermain yang layak.

Kepala Desa Blukbuk Najib mengatakan, padatnya pemukiman di kampung itu karena awalnya warga tidak memahami aturan tata ruang soal mendirikan bangunan di sisi jalan.

“Namanya orang kampung enggak tahu hukum tata ruang, mereka asal bangun mepet ke jalan,” katanya, Senin (22/7/2019).

Kondisi demikian, lanjutnya, akhirnya merugikan warga sendiri. Sehingga, ketika akan dilakukan pelebaran jalan pun sudah tidak memungkinkan.

“Lebar jalan di Kampung Blukbuk Luwung hanya 3 meter, karena kiri dan kanan jalan bangunan rumah. Sehingga tidak mungkin lagi dilebarkan,” katanya.

Berbeda di lokasi itu, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 015 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa memiliki keleluasaan melebarkan jalan pada bagian lain, yaitu di Kampung Blukbuk Bojong.

“Kalau di Kampung Blukbuk Bojong lebar jalannya 4 meter, kalau pun ada kekurangan, masih bisa dilebarkan karena masih ada garis sempadan jalannya,” ucapnya.

Diketahui, pekerjaan pengecoran jalan yang dilakukan Satgas TMMD itu sepanjang 1.130 meter. #Kodim 0510/Tigaraksa.