Disela-sela Waktu Istirahat, Satgas TMMD Bercengkrama dengan Warga

oleh -

Waktu istirahat personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa salah satunya dimanfaatkan dengan bercengkarama bersama warga.

Kehadiran Satgas TMMD bagi Rogayah, warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang telah membuat kehidupan di desa tersebut menjadi hidup.

Seperti terpantau awak media, Senin (22/7/2019), Prada Iwan tengah bersenda gurau dengan Rogayah yang kesehariannya mengelola sebuah warung di desa itu.

“Sejak ada program TMMD, warung saya tidak pernah sepi. Bapak-bapak tentara pas waktu istirahat selain berbelanja, juga suka ngobrol di sini,” katanya.

Dari obrolan tersbeut, lanjutnya, ia mendapatkan banyak informasi yang sangat berguna, diantaranya cerita tentang kehidupan personel TNI itu yang kerap bertugas di pulau-pulau terluar di Indonesia.

“Saya jadi tahu kalau Indonesia itu luas banget, masyarakatnya juga beragam. Selama ini kan cuma tahu dari berita aja,” tambahnya.

Sementara, Prada Iwan juga mengaku sangat senang bisa berbagi cerita kepada warga setempat. Kata Iwan, cerita itu ia harapkan semakin menumbuhkan semangat nasionalisme warga.

“Dari pengakuan mereka (warga), dengan sering mendengar cerita kami, mereka semakin bangga menjadi rakyat Indonesia,” ucapnya.

Terpisah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, transformasi informasi sangat dibutuhkan oleh warga desa. Melalui kisah yang dituturkan oleh personel satgas, Parada meyakini pengetahuan warga menjadi semakin luas.

“Cerita yang dituturkan para personel satgas TMMD 105 Kronjo bisa membuat masyarakat semakin mengenal Indonesia, dari sana muncul pengetahuan dan kesadaran baru betapa berharganya arti persatuan dan kesatuan Indonesia,” pungkasnya.