Kapendam Jaya: Satgas TMMD Harus Utamakan Keamanan dan Keselamatan Dalam Pekerjaan

oleh -

Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi melalui telepon selulernya meminta Satgas TMMD Kodim Tigaraksa jaga kesehatan dan faktor keamanan saat bekerja.

“Utamakan keselamatan dalam tugas, sebab meski kita berhasil capai target sesuai waktu, tapi terjadi insiden kerugian personel, maka keberhasilan itu tidak akan memuaskan,” ujarnya, Kamis (25/7) malam.

Sebelumnya, di lokasi pengecoran jalan Desa Blukbuk, Kronjo, Kab. Tangerang, ada seutas kabel listrik yang mengganggu pekerjaan, sehingga aksi beresiko pun harus dilakukan Pasiter Kodim 0510/Tigaraksa Kapten Arm Hari Subagijono, Kamis (25/7/19).

Hari terjun langsung merapihkan kabel yang tersangkut di sebuah pohon. Padahal, pohon itu akan dirobohkan demi kepentingan pelebaran jalan.

Menggunakan eksavator, alat berat pengeruk, Hari diangkat ke atas sambil menggenggam sebatang bambu. Aksi tersebut terbilang berbahaya bagi yang tidak terlatih. Karena harus mengantisipasi dampak jika sampai terjadi peristiwa darurat, misalnya kabel yang dialiri listrik itu terputus.

“Harus dikerjakan dengan hati-hati, karena memang berbahaya. Dansatgas kami (Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon) juga berpesan agar selalu menjaga keamanan dan keselamatan kerja,” kata Hari.

Hari yang telah terlatih sebagai prajurit TNI itu tidak mengalami kesulitan. Hanya dalam hitungan menit, kabel listrik itu tak lagi tersangkut di pohon yang akan dirobohkan.

Sebelumnya, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon berpesan kepada seluruh personel satgas TMMD 105 Kronjo untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja.