Satgas TMMD 105 Kronjo Edukasi Siswa SMA Negeri 10 Tangerang Manfaat Toga

oleh -

Sebagai wilayah tropis, Indonesia memiliki banyak jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Tanaman yang kemudian dikenal dengan istilah Toga (Tanaman Obat Keluarga) itu perlu diketahui ragam dan jenisnya oleh remaja.

Satuan Tugas (Satgas) Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa pun menyosialisasikan manfaat toga kepada pelajar di SMA Negeri 10 Tangerang, Jumat (26/7/20190.

Dipaparkan Gunawan, personel Satgas TMMD dari Balai Pelatihan Pertanian jambe, Kabupaten Tangerang, sedikitnya ada 11 jenis tanaman obat keluarga yang bisa ditanam di sekitar area rumah. Gunawan merinci tanaman itu ialah kunyit ( curcuma domestica Val ), jahe ( zingiberaceae ), kencur, temu lawak ( curcuma xanthorhiza roxb ), lengkuas, selederi, daun dewa, sirih, brotawali, lidah buaya, dan daun kemangi.

Dipaparkan Gunawan, 11 jenis toga itu memiliki khasiat masing-masing. Dicontohnya, kunyit berkhasiat menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Cara penyajiannya dengan meminum airnya hasil parutan kunyit kemudian ambil sarinya berupa air.

“Mengetahui manfaat toga bisa menekan pengeluaran keluarga untuk berobat, karena jika sekedar sakit biasa, bisa menggunakan obat herbal dari hasil toga yang ditanam sendiri,” jelasnya.

Gunawan berharap, para sisiwa itu mulai mempraktikkan dengan menanam 11 jenis toga itu di rumah masing-masing. Sehingga menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Ditambahkan Dansatgas TMMD 105 Kronjo, Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon, materi tersebut diberikan kepada pelajar karena mereka harus mengetahui kekayaan tanaman berkhasiat sebagai obat yang dimiliki Indonesia. Dengan demikian, kata dia, remaja Indonesia akan semakin bangga sebagai warga Indonesia dengan beragam kekayaan hayati dan non hayati yang ada.

“Kebanggaan demikian yang akan memperteguh rasa nasionalisme pada remaja, mereka bangga sebagai bangsa Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Bahkan, pekarangan rumah pun bisa menjadi lahan untuk menanam tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal,” kata Parada. #Kodim 0510/Tigaraksa.