TMMD  

Sepanjang 150 Meter Plastik Cor di Pasang Untuk Pengecoran

Tangerang – Satuan Kodim 0510/trs melaksanakan program TMMD ke-105, meliputi kegiatan fisik maupun non fisik, di Desa Blukbuk Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.  Dalam TMMD kali ini, sebagai sasaran fisik, salah satunya ialah  pengecoran jalan Kampung Bojong menuju Kampung Blukbuk Desa Blukbuk.

Setiap harinya, personel TNI bersama masyarakat bergotong-royong melaksanakan pengecoran jalan tersebut.

“Hari ini Jumat 26 Juli 2019 di lokasi TMMD Reguler 105 memasang plastik cor sepanjang 150 meter di lokasi pengecoran jalan,” jelas Serda Widodo anggota Koramil 14/Panongan yang di tugaskan Letkol Inf Parada Warta N Tampubolon Dansatgas TMMD 105 Kronjo sebagai anggota Satgas TMMD.

Cuaca yang cerah bulan ini, sangat mendukung pekerjaan pengecoran jalan program TMMD Reguler ke-105 di Desa Blukbuk Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

“Satgas TMMD bersama masyarakat tengah menggelar plastik sebagai alas kerja cor beton yang berhubungan dengan tanah. Hal ini berfungsi untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah, perlu menjadi  perhatian agar plastik tidak robek,” Katanya.

Intinya lanjut Widodo fungsi dari plastik cor ini, sebagai separator antara material curing dengan tanah secara langsung. Jadi uap maupun air tidak langsung masuk ke pori-pori cor. Hal ini bertujuan untuk menghindari air campuran semen pada material cor tidak hilang karena meresap ke dalam tanah. “Pemasangan plastik cor sepanjang 150 meter dari jarak 400 meter,” katanya.

Senada dengan Widodo, Yantono yang berpropesi sebagai tukang menambahkan, keuntungan menggunakan plastik sebagai lantai kerja cor beton, plastik cor sebagai unsur RAB aturan pembangunan dari PU Binamarga untuk waktu pemasanganya lebih cepat karena tinggal menghamparkanya saja ke lantai. Pengadaan material plastik tergolong mudah didapat serta simple dalam penyimpanan.*Pendim 0510/Trs.