TNI BERORIENTASI KEPADA KEPENTINGAN RAKYAT

oleh -

BITUNG – Keterlibatan TNI dalam tmmd ke-105 TA. 2019 yang dilaksanakan Kodim 1310/Bitung dalam bentuk partisipasi aktif terhadap sensitifitas persoalan masyarakat yang dikemas dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) dan lain sebagainya.

Secara hukum memang telah dipayungi, namun lebih dari itu sebenarnya TNI tidak boleh tinggal diam terhadap persoalan masyarakat padahal dengan segenap kemampuan yang dipunyai, TNI bisa memberikan kontribusi positif dalam membantu persoalan masyarakat.

Bagaimanapun TNI tidak boleh mengingkari proses kelahirannya yang lahir dari rakyat dan dibesarkan oleh rakyat, artinya apa yang dilakukan TNI harus berorentasi kepada kepentingan rakyat. Dalam visi dan misi TNI keprofesionalan TNI dalam melakukan tugas pokoknya harus terbangun spirit untuk dicintai dan mencintai rakyatnya.

TMMD masih dijadikan bentuk pola komunikasi yang sehat dalam membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sudah beragam bentuk proyek yang telah dilakukan TNI, bahkan yang menggembirakan, ungkapan terima kasih dan permintaan dari warga agar wilayahnya dijadikan sasaran proyek TMMD terus bertambah tiap waktu.

Walaupun ini belum bisa dijadikan indikator sepenuhnya, terhadap keberhasilan kegiatan teritorial TNI, sebenarnya ini sudah memberi gambaran, TMMD tidak memunculkan persinggungan yang merugikan bagi rakyat dan TNI yang oleh sebagian kalangan yang antipati dengan TNI, seolah-olah dianggap sebagai upaya politisasi masyarakat untuk kepentingan tertentu.