Persit KCK Kodim 0510/Tigaraksa Bekali Ibu-ibu Blukbuk Membatik, Ny. Eva Parada: Cintai Kekayaan Lokal

oleh -61 views

Tigaraksa – Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0510/Tigaraksa membekali ibu-ibu di lokasi Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa membatik, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan yang dihelat di Posko Utama TMMD 105 Kronjo di Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten itu dihadiri Ketua Persit KCK Kodim 0510/Tigaraksa Ny. Eva Parada WN Tampubolon.

Ny. Eva Parada tampak bergembira membatik bersama puluhan ibu-ibu tersebut. Dimentori dosen Dekorasi Kreatif Visual FV Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang Itta Ernawati, mereka menuangkan kreatifitas diatas sehelai kain.

“Melalui membatik, kami berharap kita semakin mencintai kekayaan lokal bangsa Indonesia, karena batik produk budaya Indonesia yang telah mendunia,” ujar Ny. Eva Parada kepada awak media.

Nya. Eva Parada meyakini, membatik dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat. Pasalnya, kata dia, membatik bukan aktivitas biasa, namun perlu didukung pengetahuan dan wawasan kebudayaan lokal.

“Selain mengisi waktu luang dan meningkatkan kreatifitas masyarakat, membatik juga menjadi ajang untuk terus belajar dan belajar” tambahnyam

Ia pun berharap, agar kegiatan membatik ini menjadi rutinitas keseharian masyarakat Blukbuk, karena kegiatan dapat mengasah kreatifitas dan menunjang perekonomian masyarakat.

Ditambahkan mentor kegiatan, Itta Ernawati, kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan semangat dan kecintaan ibu-ibu untuk membatik.

“Batik merupakan kekayaan lokal yang harus dijaga keberadaannya,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, metode yang digunakan untuk membatik ini adalah metode singkat yakni metode yang dilakukan secara keseluruhan dari awal hingga akhir pengerjaan membatik.

“Ibu-ibu membuat sesuka hati motifnya, baik berupa fauna dan flora, dengan harapan mengubah mind set membatik yang sulit menjadi mudah dan menyenangkan,” tambahnya.

Setelah membuat motif, kata dia, kemudian dipindahkan ke kain, kemudian baru digambar menggunakan canting. Motif yang sudah pindahkan ke kain diwarnai dengan menggunakan teknik kuas. #Kodim 0510/Tigaraksa.

Comment