TMMD  

Tentara Satgas Beri Bimbingan Warga Tentang Alat Tanam Padi Modern

DEMAK- Adalah Sertu Dodik, anggota Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak yang dari Yonif 410/Alugoro. Kebetulan ia pernah mengikuti pelatihan pertanian di BPP Provinsi, memberi bimbingan kepada warga desa anggota Gapoktan di desa sasaran TMMD, Desa Kalikondang, kecamatan Demak Kota, tentang pemakaian alat tanam padi modern (Transplanter).

Menurutnya Rice Transplanter adalah mesin penanam padi yang dipergunakan untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan di area khusus dengan umur tertentu, pada areal tanah sawah dengan kondisi siap tanam, mesin dirancang untuk bekerja pada tanah berlumpur. ”Oleh sebab iti mesin dirancang ringan dan disertai alat pengapung,” jelas Sertu Dodik.

Bertanam padi menggunakan alat tersebut, lanjutnya, memiliki banyak keuntungan. Diantaranya sangat menghemat waktu tanam apabila dibandingkan dengan menanam padi manual. Dimana tentu akan berdampak langsung terhadap berkurangnya biaya semai dan tanam dikarenakan padi yang ditanam dengan mesin ini hanya membutuhkan waktu semai 10-15 hari. (Pendim 0716/Demak)