Kita bisa berkontribusi mengurangi sampah plastik

oleh -24 views

Volume sampah plastik mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi. Sampah yang tidak mudah didaur ulang itu, sebagian besar sisa konsumsi manusia.

Perihatin dengan kondisi itu, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa mengajal pelajar di Kabupaten Tangerang untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Ajakan tersebut disampaikan Andreas James Darmawan, personel Satgas TMMD Non Fisik Kodim 0510/Tigaraksa saat menggelar sosialisasi di SMAN 8 Kabupaten Tangerang, Senin (5/8/2019).

Andreas mengatakan, gaya hidup ramah lingkungan itu harus dibudayakan mulai dari hal-hal terkecil.

“Kita bisa berkontribusi mengurangi sampah plastik dengan mulai mengurangi penggunaannya, atau diet plastik,” ujarnya.

Akademisi di Pradita Institute itu menekankan, gaya hidup demikian mulai dipopulerkan di negara Barat dan Eropa. Sebab, kata dia, tak sedikit populasi hewan di laut yang mati karena mengkonsumsi plastik.

“Memulainya sangat sederhana. Jika berbelanja gunakan kantong belanja yang dibawa dari rumah. Selain itu, gunakan kembali kemasakan plastik yang masih bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Dengan tindakan sederhana tersebut, ia meyakini, volume sampah plastik dapat ditekan.

“Selain itu, kita sebagai konsumen juga harus kritis, agar produsen mulai menggunakan plastik yang mudah diurai oleh alam,” pungkasnya. #Kodim 0510/Tigaraksa.

Comment