TMMD  

UPAYA EDUKATIF DALAM PROGRAM TMMD

BITUNG – Program TMMD pada dasarnya adalah bersifat take and give. Program TMMD ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu, memberikan manfaat program pada masyarakat.

Pada saat bersamaan, juga mendapatkan umpan balik dari masyarakat Kelurahan Duasudara yang dapat memberikan manfaat untuk TNI dalam segala hal, baik itu pembangunan, pertanian dan kebudayaan.

Didalam proses pembangunan jalan, TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung melakukan berbagai proses pendekatan dalam rangka proses pembelajaran sebagai upaya edukatif untuk merubah pemahaman serta perilaku masyarakat Duasudara, supaya tercipta kondisi masyarakat yang partisipatif.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan ini sebagai bentuk upaya penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya partisipasi untuk kemajuan bersama. Pada dasarnya kegiatan pembangunan jalan dan sasaran fisik lain pada program TMMD adalah bersifat saling membelajarkan.

Disatu sisi TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung, memberikan wawasan mengenai kedisiplinan, gotong royong, kerja sama dan partisipasi, disatu sisi lain masyarakat juga memberikan wawasan dan pengalamannya kepada satgas TMMD mengenai sosialisasi, pertanian, agama, kebudayaan dan potensi lokal setempat.

Aparat desa berperan sebagai fasilitator yang menyampaikan garis besar ide dan gagasan personel satgas TMMD kepada masyarakat Duasudara sesuai dengan kultur dan kebiasaan masyarakat setempat, maka akan tercipta hubungan antara masyarakat dengan penyelenggara untuk satu visi dan tujuan yang harmoni dimana status, pangkat, kedudukan, jabatan dan perbedaan kelas dihilangkan.

Diharapkan dengan TMMD ini, nanti akan muncul kemandirian dan inisiatif dari masyarakat untuk mengadakan kegiatan serupa namun atas hasil prakarsa dan inisiatif masyarakat Kelurahan Duasudara sendiri.