TMMD  

Ini Dia Kondisi Rumah Suripto

Cilacap,- Program TMMD Reguler Tahun Anggaran 2019 yang salah satunya adalah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan sasaran 20 unit di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap menitik beratkan pada warga yang benar-benar tempat tinggalnya jauh dari kelayakan.

Salah satunya rumah milik Suripto (37) warga Dusun Sidakumpul Desa Cilibang yang kondisinya sangat memprihatinkan. Rumah yang berukuran minimalis yang terbuat dari anyaman bambu ini sudah tidak layak lagi untuk disebut layak huni. Setiap hari ketika datang hujan, genteng rumahnya banyak yang bocor. Keadaan dapur yang masih berantakan membuat keharuan dan keprihatinan Kepala Desa Cilibang.

Kehidupan Suripto yang hanya bekerja sebagai buruh ini dibilang ekonominya kurang beruntung, sehingga dia hanya mampu untuk bertahan hidup dari penghasilannya.

“Saya bekerja sebagai buruh sama orang-orang yang memiliki sawah. Ya kalau upah saya sebagai buruh hanya dapat untuk makan saja,” Kata Suripto, Kamis (19/9/19).

Sementara, Kades Cilibang, Purnomo Edy mengatakan pemberian RTLH ini pihaknya memilih dengan selektif mana-mana yang berhak untuk mendapatkan sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial.

“Dalam pemilihan rumah tidak layak huni ini kita pilih dengan selektif agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial,” Pungkasnya. (Pendim 0703 Cilacap)