TMMD  

Pimpin Rakornis TMMD, Aster Kasdam Jaya Sampaikan Penekanan Kasad

Nusantarapos – Kota Bekasi. Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Kolonel Inf Jacky Ariestanto memimpin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun Anggaran 2019 wilayah Kodam Jaya di Aula Kodim 0507/Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/2).

Dalam Rakornis yang dihadiri perwakilan dari BPMD Jawa Barat, Kantor Walikota Bekasi, Polrestro Bekasi, TNI AU, TNI AL, Korem 051/Wijayakarta dan Kecamatan Jatiasih itu, Aster Kasdam Jaya menyampaikan beberapa penekanan Kasad yang disampaikan saat Rakornis TMMD tingkat pusat beberapa waktu lalu.

Salah satu hal yang menjadi penekanan tersebut adalah Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang harus ditingkatkan melalui TMMD sebagai media interaksi, terutama pada kegiatan sasaran fisik sebagai upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Evaluasi TMMD sebelumnya, belum terlihat sepenuhnya keterlibatan warga masyarakat saat mengerjakan sasaran fisik, yang kerja hanya anggota Satgas TMMD dan tukang-tukang, harapannya warga ikut juga dalam pekerjaan itu, sehingga benar-benar terlihat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegas Aster Kasdam Jaya.

Selain itu, menurut Aster, kemanunggalan TNI dengan rakyat juga harus terlihat dalam interaksi Prajurit TNI dengan rakyat di luar kegiatan fisik. “Dalam program TMMD ini, Prajurit TNI harus tinggal di rumah-rumah warga di sekitar lokasi TMMD, sehingga terjadi interaksi kekeluargaan yang diharapkan bisa meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” sambung Aster.

Aster juga menyampaikan lomba karya jurnalistik TMMD yang diselenggarakan oleh Sterad dan Dispenad. “Selain mencapai sasaran fisik dan nonfisik, dalam TMMD juga dilombakan karya jurnalistik dengan kategori Kapendam,
Dandim (Dansatgas), wartwan media elektronik dan media cetak/online. Harapannya kita bisa meningkatkan perolehan juara lomba jurnalistik dari TMMD sebelumnya,” harap Aster.

Dalam Rakornis ini juga dipaparkan rencana kegiatan TMMD oleh Kasdim 0507/Bekasi Mayor Czi Sali. “TMMD akan digelar selama 30 hari sejak 26 Februari hingga 26 Maret 2019 di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih,” papar Kasdim.

Kasdim juga menjelaskan sejumlah ruas jalan dan rumah yang menjadi sasaran fisik. “Ada 10 ruas jalan yang akan diperbaiki dengan total panjang 1.618 meter, pembuatan sodetan drainase di Jalan Terusan Bagol dan 5 unit rumah tidak layak huni yang akan direnovasi,” jelas Kasdim.

Sedangkan sasaran nonfisik, dalam TMMD ini akan dilakukan sejumlah penyuluhan seperti bela negara, wawasan kebangsaan, kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum, Kamtibmas, narkoba, agama, KB, perikanan/peternakan, lingkungan hidup, PKK, pelayanan publik, bahaya terorisme dan faham radikalisme. “Akan dilakukan juga penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat oleh tim nonfisik seperti dari TNI, Polri, Pemda, Dinas-Dinas terkait, Kajari, DPPKB dan Depag di sejumlah tempat seperti sekolah dan kantor kelurahan/kecamatan,” jelas Sali.

Diakhir paparannya, Kasdim menjelaskan rencana upacara pembukaan TMMD yang akan dilakukan pada 27 Februari 2019 di Lapangan Sepakbola Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. “Pada upacara pembukaan nanti, akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan peninjauan lokasi TMMD ke-104 Tahun Anggaran 2019,” pungkas Kasdim 0507/Bekasi.