TMMD  

Karena Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik, Personel Satgas TMMD Tak Takut Kelaparan

 

JATISARI – Jarum jam menunjukkan tepat pukul 11.30 WIB, saat Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik mengaduk nasi yang baru tanak, untuk dihidangkan di tempat nasi. Lauk-pauk Telur Balado, Tumis Pare, Mi Goreng dan Sayur Singkong Tahu pun sudah siap dihidangkan di meja makan yang terletak di teras rumahnya, untuk makan siang personel Satgas TMMD Reguler ke-104 Tahun 2019 di wilayah Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta yang berada di RT 001/RW 05, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (28/2). “Kita masak di sini untuk makan bapak tentara yang lagi kerja bakti di kampung kita. Sehari tiga kali kita masak buat makan pagi, siang sama malam,” kata Nenek Wiwik.

Sementara itu, Nenek Sawiyah menuturkan, untuk sarapan pagi, ia beserta Nenek Wiwik, dibantu tiga ibu-ibu lainnya sudah masak dari jam 4 pagi hingga selesai dan siap untuk sarapan sekitar jam 6 pagi. “Jadi kalau pagi itu sarapannya enggak dimari, tapi dianterin ke tempat mereka (personel Satgas TMMD) nginap. Keliling dah tuh yang bagian nganter si Jamal ke tempat-tempat tentara pada nginap,” tuturnya.

Nah untuk siang hari, biasanya Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik mulai masak jam 10 pagi dan untuk makan malam biasanya dari jam 4 sore sudah mulai. Biasanya mereka dibantu anak, ponakan, mantu dan tetangga sekitar rumahnya. Juga ada ibu-ibu PKK setempat yang turut membantu. Untuk pemilihan lauk dan sayurnya, semua kewenangan Nenek Wiwik dan Nenek Sawiyah. “Resep aja gitu bisa masakin terus makan ramean bareng-bareng ngeriung pas makan siang sama malem. Pada kumpul dimari semua itu tentara-tentara yang pada kerja,” urainya.

Baik Nenek Sawiyah maupun Nenek Wiwik tidak keberatan apalagi merasa lelah masak untuk puluhan personel Satgas TMMD. Bahkan, dengan rendah hati mereka mengakut takut masakannya kurang sesuai dengan selera para personel Satgas. “Takut aja gitu pada kagak cocok, namanya juga masakan kampung. Tapi syukur sih sampe sekarang pada lahap makannya, enak katanya pada doyan, syukur dah,” tukas Nenek Wiwik diamini Nenek Sawiyah.

Untuk diketahui, personel Satgas TMMD Reguler ke-104 Tahun 2019 di wilayah Kodim 0507/Bekasi yang berkesempatan merasakan lezatnya masakan Nenek Wiwik dan Nenek Sawiyah berasal dari Yonif Mekanis 202/Tajimalela, Denzipur-3/ATD, Koarmada I TNI AL dan Kepolisian yang mengerjakan sasaran fisik berupa perbaikkan jalan dan rumah tidak layak huni milik warga.