Manfaatkan Kayu Galam untuk Palu

oleh -

KAPUAS, NUSANTARAPSO,- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) hari ini, Senin (8/3/21) sudah memasuki hari ke tujuh sejak pembukaan pada 2 Maret kemarin.

Antara anggota Satgas TMMD dan warga saling bahu membahu dalam mewujudkan impian mereka untuk memiliki desa yang lebih maju, tangguh dan kuat dalam penataan ekonomi.

Tentu saja mereka, baik antara anggota satgas dan juga warga dalam bekerja harus memiliki akal dan skil agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

Seperti halnya saat ini, Serka Sugiman yang tengah melakukan pemasangan papan untuk Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Saka Lagun, dikala tidak memiliki palu besar dirinya menggunakan kayu Galam sebagai palunya.

“Dengan kayu galam ini juga dapat kita gunakan untuk palu untuk memukul kayu,” katanya, Senin (8/3/21).

Sementara itu, Indul sangat kagum dan bangga dengan apa yang dilakukan anggota satgas ini karena mereka tidak hanya menggunakan kekuatan saja namun juga akal digunakan disaat barang yang dibutuhkan tidak ada.

“Wah ide yang tepat. Ternyata anggota Satgas TMMD yang bekerja di sini tidak hanya menggunakan tenaga saja, namun juga akal digunakan,” kata Indul.

Dengan peralatan yang ada sebagai pengganti peralatan utama, pelaksanaan pembuatan penghadang pasir untuk JUT dapat dilakukan pengisian sehingga pasir tidak akan berserakan. (*)