Status Dua Tempat Wisata Dinaikkan ke Uji Coba

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Dua obyek wisata di Pacitan naik status menuju tahap uji coba. Lampu hijau diberikan oleh Bupati kepada pengelola wisata Parai Beach Resort Teleng Ria dan Beji Park, karena dua obyek wisata itu terbukti lulus uji setelah satu bulan menjalani tahapan simulasi.

Sebagai bukti memulai tahap uji coba, diserahkan sertifikat oleh bupati Pacitan Indartato kepada pihak pengelola. Dengan demikian, Parai Teleng Ria maupun Beji Park dapat  menerima kunjungan wisatawan tidak hanya lokal, namun juga dari luar kota.

Berkaitan dengan itu, Bupati Rabu  (12/8/20) berharap, obyek wisata lain segera menyusul, sehingga roda ekonomi Pacitan dapat bergerak dan pulih seperti sedia kala. Selain itu saya minta semua mematuhi protokol kesehatan agar Pacitan segera bebas dari covid 19 (zona hijau).

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan T Andi Faliandra menyampaikan, “Tahap uji coba merupakan tindak lanjut dari tahap simulasi dalam rangkaian Adaptasi Kehidupan Baru (AKB). Hal itu menjadi prasyarat sebelum obyek wisata benar-benar beroperasi penuh dimasa pandemi. Menurut laporan pengelola, jumlah pengunjung pada tahap simulasi cukup baik. Dalam sebulan, Parai Teleng Ria menerima  6.932 kunjungan wisatawan sedangkan Beji park 246. Semuanya adalah pengunjung lokal.”

Dilain sisi, Indra S Nasution, salah satu pedagang yang kelola warung makan di kawasan wisata Teleng Ria ikut mengamati dan berperan dalam mengawal tempat wisata tersebut. Dirinyapun mengatakan, ” Perlunya dalam uji coba saat new normal ini untuk kendaraan bus besar diberi kelonggaran masuk. Logikanya  panitia yang bawa rombongan sudah di “Protek” tidak bawa virus Covid dari daerah asalnya.”

(MJ)