Surabaya, Nusantarapos – Hendra Septianus asal Malang, pemilik Mongki Roti sukses mengembangkan bisnisnya dan sudah memiliki cabang di tiga kota besar di Jawa Timur.
Mongki Roti dibangun Hendra bersama rekannya pada 2018, dengan pertimbangan dan riset yang matang dalam memilih bisnis yang bisa bertahan lama dan banyak dikonsumsi banyak orang.
“Untuk itu, saya memilih usaha di bidang food and beverage karena perputarannya yang sangat cepat, meskipun memerlukan strategi yang efektif. Kami pun memilih produk roti mengingat roti bisa dinikmati kapanpun dan momen apapun, seperti halnya gorengan, ” ujarnya saat bincang virtual bersama awak media, Jumat (15/7/2022).
Hendra dan rekannya juga membandrol harga yang sangat terjangkau untuk produk-produknya. Dengan perencanaan yang matang tersebut, Mongki Roti yang awalnya memiliki satu gerai di Malang, pada tahun 2019 berhasil dikenal luas dan membuka gerai kedua dan ketiga di kota lain di Jawa Timur.
Hendra percaya bahwa bisnis bisa dimulai dengan modal kecil, namun konsep dan perencanaan yang matang wajib dilakukan agar bisnis bisa mempertahankan eksistensinya.
“Setelah kami membuka gerai Mongki Roti pertama, target kami adalah menjangkau konsumen yang kami ingin sasar. Upaya yang kami lakukan salah satunya adalah memaksimalkan penjualan di berbagai kanal baik secara online dan offline. Di masa yang serba digital, kami bisa dengan mudah menjangkau konsumen di kota lain bahkan hingga ke luar Jawa Timur dengan masuk ke marketplace. Lalu, untuk menambah kemudahan transaksi di gerai, kami mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay. Selain itu, penjualan lewat Instagram dan WhatsApp juga masih kami dorong untuk menjangkau segmen konsumen yang memesan dalam jumlah banyak untuk acara tertentu dalam jumlah banyak,” jelasnya.
Upaya Hendra untuk bisa memperluas jangkauan bisnis dimulai dengan bergabung menjadi seller di Shopee dan merchant ShopeePay pada Desember 2020. Langkah ini cukup tepat mengingat di masa pandemi, sempat ada pembatasan aktivitas fisik masyarakat sehingga transaksi secara offline pun menurun. Adopsi teknologi yang dilakukan membantu Mongki Roti bertahan.
Tak hanya itu, Hendra juga membagikan tiga jurus jitu menciptakan dan mengembangkan bisnis yang ia percaya dapat diadopsi oleh pemilik usaha kecil dan rumahan. Pertama, lkukan riset untuk mengenali minat konsumen dan pasar. Dengan langkah ini, Mongki Roti bisa terus berkembang dan bertahan dari segala kondisi pasar, seperti khususnya pandemi. Hendra berharap pemilik bisnis juga bisa melakukan beberapa langkah.
Kedua, cukup aktif melihat waktu dan momentum yang ramai acara seperti halnya natal dan tahun baru, ramadan, hingga kenaikan sekolah.
Ketiga, berani berinovasi untuk hadirkan ragam produk yang bervariasi untuk mempertahankan eksistensi bisnis. Salah satu strategi yang diimplementasikan oleh Mongki Roti adalah menciptakan produk yang seasonal sesuai dengan momen yang ada seperti Hari Raya. Dengan menyediakan produk yang hanya dapat dinikmati pada momen tertentu, kita bisa mendorong rasa penasaran konsumen untuk mencobanya. (Arie)