TMMD  

Berkah Pembangunan TMMD Pemalang Bagi Penambang Pasir Bendung Kaliwadas

Pemalang – Gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang memasuki paruh kedua dari 30 hari pelaksanaan. Pembangunan yang akan menghasilkan jalan penghubung antar desa, Jatiroyom-Parunggalih yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Berkah pembangunan yang meliputi Makadam (805 x 2,5 meter), Jembatan Limpas (20 x 3,5 meter), saluran drainase (209 x 0,5 meter dan kedalaman 0,5 meter), talud I dan II (masing-masing 67 x 0,3 m dan tinggi 1,5 meter), pemasangan bronjong kawat I (28 x tinggi 5 meter), bronjong kawat II (20 x tinggi 6 meter) dan rehab 3 unit RTLH, juga dirasakan Dedi (24) warga Kaliwadas Rt. 03 Rw. 02 Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh.

Penambang pasir setempat ini mempekerjakan dua orang anak dengan upah masing-masing sebesar 50 ribu rupiah untuk membantunya mengumpulkan pasir di Bendungan Kaliwadas Pemalang. Omsetnya bertambah sejak adanya pesanan pasir dari proyek TMMD. Untuk satu truk, Dedi mendapatkan bayaran 250 ribu rupiah.

“Pasir saya laku Pak sejak ada pembangunan di desa saya Jatiroyom,” teriaknya kepada Koptu Totok, anggota Jurnalistik Kodim.

Sementara pembangunan yang akan dilaksanakan berupa 3 unit riol/gorong-gorong yang masing-masing panjang 6 x 0,5 x tinggi 0,5 m serta pembuatan talud III, 30 x 30 centimeter dengan ketinggian 1,5 meter, jelas akan menambah kesejahteraannya. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembangunan yang sedang berjalan menumbuhkan perekonomian setempat. (Aan Pendim Pemalang).