TMMD  

Deteksi Dini Kanker Serviks, Tes IVA Dimaksimalkan di TMMD Pemalang

Pemalang – Upacara Pembukaan TMMD Reguler 104 Pemalang di desa sasaran program, Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh, telah dibuka oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, di lapangan desa (26/2).

Salah satu kegiatan sosial yang telah dilaksanakan untuk memeriahkannya adalah tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Dibenarkan Ita (38) salah satu bidan bahwa, salah satu kegiatan sosial pembukaan TMMD lalu adalah tes IVA guna guna mendeteksi dini kanker serviks yang berkembang di leher rahim dan disebabkan oleh infeksi virus Human papillomavirus (HPV). jika jenis kanker ini dapat dideteksi lebih awal, tentu akan meningkatkan peluang kesembuhan.

“Virus ditularkan melalui hubungan seksual maupun lewat kontak kulit ke kulit, sehingga Ibu-ibu di Jatiroyom harus mengetahuinya,” terangnya kepada Sertu Wahid, jurnalis dokumentasi publikasi TMMD Kodim 0711 Pemalang.

Lanjut diterangkannya singkat, cara cepat mendeteksinya adalah dengan tes IVA, untuk pap smear agak memakan waktu lama karena harus cek laboratorium dan dilakukan saat sedang menstruasi.

“Mengingat keterbatasan waktu saat acara pembukaan tes IVA yang dimaksimalkan. Jadi, tes IVA menggunakan asam asetat/asam cuka dengan kadar 3-5 % yang diusapkan pada leher rahim. Hasilnya akan langsung ketahuan apakah memiliki kanker serviks atau tidak,” tegasnya.

Pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jika jaringan leher rahim memiliki sel kanker maka jaringan akan terlihat luka dan berubah menjadi putih atau bahkan mengeluarkan darah ketika diberi asam asetat. Sementara, jaringan leher rahim yang normal tidak akan menunjukkan perubahan apapun. (Aan Pendim Pemalang).