TMMD  

Berat, Akses Distribusi Material Jembatan Limpas TMMD Pemalang Bukit Maribaya

Pemalang – Gambar terlihat medan berat bagi armada pengangkut material untuk membangun Jembatan Limpas Kali Bacin sepanjang 20 x 3,5 meter, Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Jembatan yang berada di bawah bukit Maribaya (bukit yang dipangkas guna jalan baru).

Dump truk pengangkut bahan bangunan juga terkadang ditarik TR-4 Kodim 0711 Pemalang saat menaiki tanjakan menuju Maribaya, sedangkan roda dua sementara yang dapat memasuki adalah trail atau motor modifikasi off road. Sementara warga pekerja, sebagian memilih berjalan kaki yang sudah merupakan kebiasaan turun temurun melewati lokasi tersebut guna ke kebun jagung tanah Perhutani BKPH/RPH Kaliwadas dan Sokawati KPH Pemalang.

Diungkapkan Babinsa setempat, Serda Waluyo bahwa, “Jarak Jembatan Limpas dari Kantor Desa Jatiroyom kurang lebih 2,5 kilometer. Jika hujan mengguyur jalur distribusi material, tidak bisa dibilang Pak, bisa dilihat sendiri,” ucapnya.

Jika jalan yang sedang dibangun ini selesai saat penutupan TMMD nanti, akan menjadi akses pendekat antar desa, Jatiroyom-Parunggalih sejauh 4 kilometer atau kurang lebih 10 menit darat. Angka ini sangat kontras bila dibandingkan harus memutar melewati Desa Pasir Kecamatan Bodeh dengan jarak kurang lebih 19 kilometer atau 45 menit.

“Jadi jalan ini akan menjadi harapan baru peningkatan perekonomian, pendidikan maupun menjangkau pusat kesehatan terdekat bagi warga Parunggalih di Puskesmas Rawat Jalan Jatiroyom,” imbuh Waluyo. (Aan Pendim Pemalang).