TMMD  

Gandeng Dinas Perikanan Satgas TMMD Jatiroyom Lepas 20 ribu Ikan di Kaliwadas

PEMALANG, – Untuk meningkatkan populasi ikan di aliran Kaliwadas, Dinas Perikanan kabupaten Pemalang yang bekerjasama dengan satgas TMMD Reguler ke-104 Kodim 0711/Pemalang, menebar 20.000 benih ikan, Kamis (14/3/19).

“Kita berusaha untuk menjaga keseimbangan populasi ikan yang ada di Kaliwadas. Juga memberikan kesempatan kepada ikan-ikan tersebut dapat berkembang biak dengan baik di sungai,” kata Suyono SH Kabid pengelolaan & penangkapan ikan di sela tebar benih ikan. Benih ikan yang ditebarkan antara lain jenis ikan melem, dan nila.

Lebih lanjut Suyono mengungkapkan, populasi ikan di sungai-sungai yang ada di Kabupaten pemalang, saat ini mengalami penurunan cukup signifikan. Salah satu populasi ikan yang menurun adalah ikan melem dan nila sehingga harus kita lestarikan untuk menjaga ekosistem di dalamnya.

“Padahal ikan melem dan nila, merupakan salah satu yang dicari di pemalang untuk dibuat sebagai olahan makanan ikan . Sehingga apabila apabila ikan ini sulit dicari maka akan sangat mengecewakan dengan lahan perikanan yang begitu luas akan tetapi mencari ikan yang mudah dibudidayakan saja sangat sulit,” papar suyono.

Lanjutnya Suyono menjelaskan, ikan nila dan melem harus tetap dilestarikan dan dibudidayakan, baik itu budidaya di perairan yang dari alam (sungai), maupun budidaya di dinas terkait. Suyono juga menghimbau kepada masyarakat pemalang, agar tetap melestarikan ikan yang ada di sungai-sungai di Kabupaten Pemalang dengan tidak merusak ekosistem sungai sebagai salah satu habitat ikan. (*)