banner 970x250
TMMD  

Penjual Burung Depan Bendung Kaliwadas Pemalang, Raup Untung Lebih

Pemalang – Adalah Anggun Pratiwi, ibu muda 30 tahun istri dari Fega Kurniawan (31) penjual pakan ternak dan burung kicau, Dusun Kaliwadas Rt. 04 Rw. 02 Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh juga mengalami peningkatan pendapatan terkait adanya TMMD Reguler 104 Pemalang.

Saat ditanya Serda Tolani, anggota dokumentasi TMMD Kodim 0711 Pemalang, ia mengaku mendapatkan tambahan rata-rata antara 50 sampai 100 ribu rupiah dari penjualan burung dan pakan dari sebelumnya antara 150-200 ribu rupiah. Jumlah ini belum termasuk hasil penjualan berbagai kebutuhan sehari-hari di warung kelontongnya.

“Ada beberapa TNI yang membeli burung Pak. Prenjak, kacer, cucak ijo dan beberapa anakan murai batu untuk dirawat di tempat ibu asuh dan nantinya akan dibawa pulang saat penutupan TMMD. Mereka juga beberapa hari sekali membeli pakan, sehingga kami mendapatkan pelanggan baru,” ungkap Anggun yang sangat hafal nama-nama burung dan harga dagangannya.

Selain burung yang disebutkannya, ia dan suami juga menjual kenari, cililin, lovebird, trucukan, perkutut dan poksay mandarin. Ada beberapa titipan burung dari warga lainnya untuk dipasarkan di kiosnya yang terletak tepat di depan Bendungan Kaliwadas Pemalang.

Keuntungan didapatkannya berkat pembangunan jalan desa diperkeras/makadam sepanjang 800 meter lebih dan Jembatan Limpas diatas Kali Bacin selebar 3,5 meter dan panjang 20 meter. (Aan Pendim Pemalang/Joko).