TMMD  

Sejak saya lahir di kampung ini

Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di salah satu rumah warga di Desa Karandu, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe.

Komsos ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi kepada warga agar ikatan kekeluargaan semakin erat walaupun tak sedarah. Hal tersebut disampaikan oleh Serda Muhammad Sakir selaku anggota Satgas TMMD 104. Ia katakan bahwa dalam Komsos ini melibatkan sejumlah anggota Satgas TMMD yakni Serda Irfan Jaya, Kopda Ken Adiwan.

“Selain melaksanakan program sasaran fisik dan non fisik, di sela-sela kesibukan kami sehari-harinya, kami yang tergabung dalam Satgas TMMD 104 tetap menjalin komunikasi sosial dengan warga sekitar,” ujarnya saat ditemui di salah satu rumah warga di Desa Karandu, Minggu malam (17/3/2019).

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa hal ini yang dilakukan para anggota Satgas TMMD 104 di saat waktu istrahat, para anggota Satgas TMMD bercengkerama, bertukar pikiran dengan warga masyarakat, sembari melakukan Komsos.

Serda Muhammad Sakir mengatakan, selain menjalin silaturhami, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga hubungan emosional antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya para anggota Satgas TMMD 104 dengan masyarakat.

“Dengan komunikasi sosial ini, para anggota Satgas bersama warga sekitar bisa berbagi akan hal pengalaman-pengalaman positif serta menumbuhkan jiwa kebangsaan. Dengan demikian, kedekatan antara TNI dan masyarakat tetap terjaga dan target kemanunggalan TNI dengan rakyat segera tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Tawulo Hardiana salah satu warga Desa Karandu mengatakan bahwa kehadiran anggota Satgas TMMD 104 di Kecamatan Anggotoa khususnya di Desa Karandu adalah suatu kebahagiaan tersendiri sehingga ia bisa berkomunikasi langsung dengan TNI.

Ia katakan bahwa selain mampu menjaga perbatasan dan membangun desa, TNI juga mampu membangun komunikasi yang sangat baik dengan masyarakat. Tidak hanya itu, lanjut Tawulo Hardiana, ia sangat berterimakasih kepada satgas TMMD 104 sudah berkunjung di rumahnya.

“Sejak saya lahir di kampung ini (Desa Karandu, red), baru kali ini ada TMMD yang dulunya ABRI masuk desa dan ini pertama kalinya adaTMMD di desa kami,” tuturnya kepada kami saat ditemui di kediamannya