banner 970x250

Dihari Koperasi Nasional ke-77, Ketua Koperasi Konsumen PPKH2AM Lapas Kelas I Cipinang Raih Penghargaan

Waris, Ketua Koperasi Konsumen Pegawai Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM

JAKARTA, NUSANTARAPOS,-Waris selaku Ketua Koperasi Konsumen Pegawai Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM (PPKH2AM) Lapas Kelas I Cipinang, berhasil meraih penghargaan sebagai Penggerak Koperasi terbaik pada puncak perayaan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Smesco- Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr. Sri Untari Bisowarno, MAP pada Jumat (12/07).

Waris mengatakan “Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dedikasi dan kerja keras pengurus, pengawas beserta seluruh anggota Koperasi Konsumen PPKH2AM dalam memajukan koperasi di lingkungan Lapas Kelas I Cipinang,” ungkapnya usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut Waris menjelaskan bahwa Koperasi ini telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam mengelola usaha dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, meskipun berada di lingkungan yang penuh tantangan.

Koperasi Konsumen PPKH2AM telah berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan usaha berupa menunjang pelaksanaan program Bebas Perdearan Uang di Lapas dengan aplikasi FR-DIGIPAY LATUCIP. Selain itu juga berperan aktif menunjang kegiatan pembinaan terhadap lebih dari 500 warga Binaan di Lapas Kelas I Cipinang yang terlibat langsung dalam usaha koperasi. Baik sebagai pengelola warung maupun memproduksi berbagai macam jenis barang seperti kerajinan tangan, batik, maupun berbagai produk olahan makanan (kuliner) serta peningkatan pelayanan kepada anggota. Hal ini sejalan dengan tema besar peringatan tahun ini yang menekankan pentingnya industrialisasi dan modernisasi dalam koperasi untuk menyongsong 100 tahun Indonesia atau Indonesia Emas.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024 dengan tema “Koperasi Maju, Indonesia Emas” dengan subtema “Memasuki Era Industrialisasi Koperasi, Menyongsong 100 Tahun Indonesia atau Indonesia Emas” berlangsung dengan meriah dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM, Dekopin, sejumlah Koperasi di seluruh Indonesia, penggiat koperasi, dan masyarakat umum. Mereka semua memberikan apresiasi tinggi atas prestasi yang dicapai oleh Koperasi Konsumen PPKH2AM dan berharap koperasi ini dapat terus menjadi contoh yang baik bagi koperasi lainnya di Indonesia.(Riz)