PP INI Tunjukan Pengabdian ke Masyarakat Dengan Gelar Donor Darah dan Konsultasi Akta Gratis

Foto bersama jajaran PP INI dibawah komando Tri Firdaus Akbarsyah dan Agung Iriantoro disela kegiatan donor darah dan konsultasi akta gratis.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 116 Ikatan Notaris Indonesia (INI) mengadakan berbagai rangkaian kegiatan di seluruh Indonesia. Tak terkecuali Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) yang pada Sabtu (13/7/2024) pagi sampai sore mengadakan bakti sosial kepada masyarakat dengan melakukan donor darah dan konsultasi gratis.

Dalam donor darah itu ada 50an pendonor dari kalangan Notaris, ALB dan masyarakat umum serta wartawan yang meliput kegiatan tersebut ikut menyumbangkan darahnya untuk PMI Lebak, Banten.

Ketua Umum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT yang ke 116, dimana masih ada beberapa kegiatan lagi seperti fun walk, gala dinner dan juga seminar nasional. Di hari ini tepat di tanggal 13 Juli kita adakan donor darah di gedung sekretariat dan pusdiklat INI.

Sekum PP INI Agung Iriantoro sedang meninjau kegiatan donor darah.

“Salah satu rangkaian kegiatan yang kita adakan untuk memperingati HUT INI adalah kegiatan kemanusiaan, dimana anggota INI menyumbangkan darah melalui PMI Lebak. Terlebih PMI Lebak masih kekurangan darah, hanya 60% yang bisa diteratasi sehingga diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan darah di Lebak,” katanya disela kegiatan di Gedung Sekretariat dan Pusdiklat PP INI, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2024).

Lanjut Tri, kegiatan kemanusiaan ini kita harapkan dapat berlangsung terur-menerus pada setiap kegiatan INI, bahkan PMI juga menyarankan agar INI bisa mengadakan donor darah bukan hanya setahun sekali tetapi kalau bisa diadakan setiap tiga atau enam bulan sekali. Terlebih anggota kita sudah ada 20 ribu lebih, sehingga kita akan menggugah kepada mereka untuk bisa mendonorkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan karena dengan setetes darah yang kita berikan akan membantu 10 nyawa.

“Dan positifnya bagi kita sendiri apabila menjadi pendonor darah maka kita menjadi sehat, karena akan keluar sel-sel darah baru untuk merefresh tubuh kita. Otomatis peredaran darah dan oksigen kita naik juga lancar sehingga menjadi lebih sehat, untuk itu kita harapkan kepada seluruh anggota mudah-mudahan kegiatan ini bukan hanya dilakukan setahun sekali tapi setahun bisa beberapa kali,” ujarnya.

Ketum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah dan Sekum PP Agung Iriantoro berfoto bersama.

Sebagai Notaris, tambang Tri, kita juga diberikan kewenangan dalam bidang keperdataan tetapi di selain itu kita juga harus bisa memberikan nilai-nilai kemanusiaan kepada masyarakat.

“Kegiatan donor darah ini selain diadakan di sini juga diadakan di Solo, Surabaya, Sumatera Utara dan daerah lainnya. Alhamdulillah kegiatan ini lancar karena Tuhan juga melihat donor darah ini untuk kemanusiaan maka semuanya lancar,” tutupnya

Sekretaris Umum PP INI Agung Iriantoro menyatakan kegiatan seperti ini rutin kita adakan seperti halnya tahun lalu juga diadakan di sini meskipun pada waktu itu belum dibangun gedungnya. Sekarang dibawah pimpinan Pak Tri Firdaus kita meneruskan program yang lama disamping kita mengadakan kegiatan yang sifatnya keilmuan untuk menjalankan jabatan tapi juga melakukan kegiatan untuk kemanusiaan.

Ketua Panitia HUT INI ke 116, Siti Anggraeni Hapsari berfoto rekan Notaris Rita Alfiana disela kegiatan donor darah dan konsultasi akta gratis. 

“Dengan kegiatan kemanusiaan ini selain bermanfaat bagi anggota juga bisa bermanfaat kepada masyarakat luas, inilah fungsi kita sebagai Notaris selain menjalankan jabatan juga memiliki peran sosial kepada masyarakat. Itulah yang kita lakukan selama ini, tentunya kegiatan seperti ini akan bermanfaat untuk banyak orang

Selain donor, sambung Agung, pada hari ini kami juga mengadakan konsultasi gratis bagi warga yang memiliki UMKM. Kami hadir di tengah-tengah masyarakat itu berpikir bagaimana bisa berguna untuk masyarakat, kami tidak hanya sekedar kumpul-kumpul tanpa adanya program tapi apabila kami kumpul ada nuansa keilmuan, kemanusiaan dan kegiatan yang punya nilai.

Sementara itu Ketua panitia HUT ke 116 INI, Siti Anggraeni Hapsari menjelaskan rangkaian di HUT INI ke 116 memang ada beberapa kegiatan seperti keilmuan, olahraga, silaturahmi, kegembiraan dan juga kemanusiaan. Jadi memang rangkaian tersebut yang kita pilih, dimana hari ini merupakan rangkaian kedua dari seluruh rangkaian acara HUT ke 116 Ikatan Notaris Indonesia kemarin sudah ada potong tumpeng dan hari ini ada donor darah yang diikuti oleh Notaris, keluarga ataupun karyawan notaris, ALB dan masyarakat umum.

Kabid Magang dan ALB, Herna Gunawan sedang melakukan donor darah.

“Pada kegiatan ini juga dibuka konsultasi terkait pendirian akta yang berkaitan dengan UMKM, jadi bagi bapak/ibu yang ingin berkonsultasi silahkan datang. Kami juga memberikan pelayanan pembuatan akta gratis dari pagi sampai sore,” tuturnya.

Rangkaian berikutnya, sambung Siti Anggraeni, kita istilahkan tree in one yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 pagi akan ada nusantara fun walk, dimana para Notaris, keluarga ataupun ALB yang akan kita pakaikan jersey utama berupa kaos yang bisa dipadukan dengan atribut-atribut nusantara. Di sana juga akan ada beberapa lomba seperti menyanyi ataupun baca puisi yang bertemakan doa dan harapan untuk organisasi INI ke depan, kemudian ada juga pengumuman pemenang lomba, hiburan-hiburan dan senam.

“Dan yang tak kalah menariknya saat fun walk nanti di tengah pit stop ada lomba yel-yel, semua ada hadiah dan juga doorprize itu semua bisa diikuti sebagai sarana silaturahmi bagi sebagian anggota. Lalu malamnya adalah yang kita tunggu-tunggu ada malam keakraban dan silaturahmi dimana akan dihibur oleh guest star penyanyi Judika yang diadakan di assembly hall hotel Bidakara,” ucapnya.

Ketua Umum PP INI Tri Firdaus Akbarsyah sedang menyerahkan cinderamata kepada PMI Lebak.

Siti Anggraeni mengungkapkan setelah malam keakraban itu, akan ada kegiatan keilmuan karena tujuan dan profesi kita memang memerlukan ilmu agar selalu update terus menerus. Sehingga di tanggal 22 Juli kita akan menggelar seminar nasional untuk membahas keilmuan yang up to date tentang perseroan terbatas dan berbagai hal lainnya.

“Jadi mari ikuti seluruh rangkaian kegiatan, semoga ini bisa bermanfaat untuk Notaris seluruh Indonesia dan tentunya kita menginginkan bersatu karena itu indah. Dimana pada malam keakrabannya, cinta satukan kita bersama Judika, mari bersama-sama ramaikan HUT ke 116 tersebut,” pungkasnya.