banner 970x250
DESA  

Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin Dapat Santunan dr. Warkim, Mereka Terharu

PACITAN, NUSANTARAPOS,- Untuk membantu fakir miskin dan kaum duafa di Kabupaten Pacitan khususnya di wilayah Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, dr. Warkim yang juga sebagai pemilik rumah sakit Medical Mandiri bekerjasama dengan yayasan kaum dhuafa, memberikan santunan kepada 300 anak yatim piatu dan kaum duafa.

Acara ini dilakukan setiap tahun di bulan Asyura (bulan Muharam) dimana menurut islam Syi’ah, bulan tersebut merupakan hari 10 tahun baru Islam atau hari berkabung atas meninggalnya Husain bin Ali selama pertempuran Karbala pada tahun 680 M. Sedangkan dalam Islam Sunni bermakna hari untuk merayakan keselamatan Musa dan bangsa Bani Israil dari perbudakan mereka di Mesir Alkitabiah.

Kegiatan santunan ini, menurut dr. Warkim Sutarto sudah dilakukannya semanjak tahun 2010 yang lalu. “Jadi tiap tahun sudah ada. Kita memberikan ini paling tidak ada sisi kemanusiaan agar dapat memacu bagi muda-muda atau orang-orang sukses ayolah kita lihat kebawah membantu mereka,” katanya kepada wartawan, Selasa (16/7/24).

Selain itu dr. Warkim berharap, dengan adanya kegiatan ini para fakir miskin dan juga kaum dhuafa setidaknya dapat menolong atau mengurangi apa yang mereka hadapi. “Selama ini fokus langsung ke yayasan. Jadi setiap kita turunkan ke yayasan langsung dilanjutkan,” terangnya.

Lebih lanjut dr. Warkim juga memberikan kemudahan pasien bagi fakir miskin.”Kita sadu sisi ada bantuan dari pemerintah yaitu bansos dan BPJS, tapi ya harus yang benar-benar miskin, jadi semua harus terkondisikan. Selama ini untuk fakir miskin atau anak yatim piatu kita cover dan kita freekan,” ungkapnya.

Sementara itu, Darmawan, yang merupakan salah satu penerima bantuan untuk ke tiga anaknya ini merasa terharu karena dengan adanya santunan ini sedikit banyak telah membantu meringankan beban hidupnya.

“Dengan bantuan ini saya mengucapkan terima kasih karena disaat saya sebagai pekerja serabutan yang hasilnya tidak menentu ini karena susahnya mencari kerja, ketiga anak saya dapat terbantu. Uang ini nanti saya pergunakan untuk beli seragam anak-anak saya,” katanya sambil terharu.

Pemberian bantuan kepada fakir miskin dan juga kaum duafa ini, selain di Desa Tremas juga sudah dilaksanakan di Desa Punung, Ploso, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. (Joko)