banner 970x250
RILIS  

Festival Ekspresi Anak, Menteri PPPA Ajak Orangtua dan Anak Bijak Manfaatkan Internet

Nusantarapos, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengajak orangtua dan anak untuk bijak dalam memanfaatkan internet dalam Festival Ekspresi Anak, yang bertujuan untuk merayakan kreativitas serta mengedukasi tentang penggunaan internet yang aman dan positif bagi perkembangan anak-anak.

Kemen PPPA hari ini Kamis (18/7/2024) menggelar Festival Ekspresi Anak di Wahana Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta. Acara ini dirancang untuk merayakan kreativitas anak-anak serta meningkatkan kesadaran tentang perlindungan dan pemberdayaan anak.

Festival Ekspresi Anak adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 dan diikuti sekitar seribu peserta dari perwakilan FAN tingkat Provinsi, FAN se-DKI Jakarta, para perwakilan pelajar dari wilayah Jabodetabek, perwakilan anak disabilitas, panti asuhan, anak-anak dengan HIV dari Yayasan Vina, perwakilan anak dari Papua, dan pelajar Sekolah Luar Biasa di Jakarta.

Sesuai dengan dunia anak yang identik dengan bermain, agenda festival diwarnai dengan bernyanyi, bermain, dan bergembira bersama.

“Anak Cerdas, Berinternet Sehat” adalah isu utama yang diusung dalam Festival Ekspresi Anak untuk merespon perkembangan anak-anak yang setiap harinya tidak pernah lepas dari teknologi dan internet.

Peluang besar mendapatkan informasi seluas-luasnya dari internet menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga harus disertai dengan tanggung jawab penggunaan internet dengan bijaksana agar terhindar dari kekerasan di ranah daring.

Lanjut Menteri PPPPA, tidak semua anak dapat memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal. Banyak di antara anak-anak yang menjadi korban penyalahgunaan internet, seperti adiksi atau kecanduan menggunakan gawai terus menerus, kecanduan game online, yang menyedihkan juga banyak anak-anak menjadi korban judi online,

“Bahkan banyak anak yang data pribadinya tersebar hingga mendapatkan kekerasan dan eksploitasi ekonomi maupun seksual di ranah daring atau internet,” ujar Menteri PPPA.

Lingkungan keluarga sebagai lingkaran pertama dan terdekat dalam kehidupan anak, khususnya orangtua memiliki tanggung jawab penuh atas tumbuh kembang anak, pengasuhan anak, dan memastikan anak tetap aman saat berselancar di dunia maya.

Menteri PPPA menyatakan, Saya mengajak orangtua untuk memiliki kemampuan mendidik anak-anak mereka menggunakan internet dengan bijak.

Sambungnya, jadilah panutan bagi anak untuk bisa memilih konten-konten yang positif bagi perkembangan otak anak, konten yang mendidik, menghindari konten negatif, memanfaatkan teknologi untuk belajar dan pastikan anak-anak kita tidak menjadi korban kekerasan dan ekspolitasi seksual di media sosial dan platform internet lainnya.

“Dalam hal ini, baik orangtua dan anak-anak harus kerjasama meningkatkan kecerdasan digital yang menjadi salah satu benteng perlindungan anak-anak di ranah daring,” tegas Menteri PPPA.

Pada kesempatan ini, Forum Anak Nasional (FAN) menyerahkan hasil penyusunan Suara Anak Indonesia (SAI) kepada Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE) yang diwakili oleh Siti Faridah Pratikno, disaksikan oleh Menko PMK dan Menteri PPPA.

Suara Anak Indonesia akan dibacakan di hadapan Presiden RI dan Ibu Negara pada puncak Peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2024 di Jayapura, Provinsi Papua.

Suara Anak Indonesia merupakan bentuk representasi aspirasi, kebutuhan, keinginan, bahkan kekhawatiran anak Indonesia dalam isu pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Suara Anak Indonesia disusun sejak 23 Juni hingga 17 Juli 2024 yang dilakukan secara daring dan luring.

Tema Hari Anak Nasional 2024 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan 6 sub-tema yaitu : 1). Anak Cerdas, Berinternet Sehat. 2). Suara Anak Membangun Bangsa. 3). Pancasila di Hati Anak Indonesia. 4). Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor. 5). Pengasuhan Layak Untuk Anak : Digital Parenting. 6). Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penayangan video launching Standar Nasional Indonesia (SNI) “Taman Asuh Ramah Anak”, penyerahan hadiah pemenang Tiktok Challenge, penampilan Operet Ekspresi Anak oleh Teater Tanah Air, dan penampilan Youtuber Mazaya.

Festival Ekspresi Anak terselenggara atas sinergi dan kolaborasi Kemen PPPA dengan berbagai pihak.

Menteri PPPA mengapresiasi peran semua pihak dalam upaya perlindungan anak, termasuk mitra pembangunan, dunia usaha, dan masyarakat.

Menteri PPPA mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dalam mewujudkan Indonesia yang maju dengan anak-anak yang terlindungi dan perempuan yang berdaya. ***(Guffe).