banner 970x250

Aktivis 98 Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota Komisioner Kompolnas

Jakarta, Nusantarapos – Ketua panitia seleksi (pansel) calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Hermawan Sulistyo mengumumkan 107 orang lolos seleksi administrasi calon anggota Kompolnas.

Prof Kiki-biasa dipanggil mengatakan dari 107 orang terdiri dari 87 laki-laki dan 20 orang perempuan.

“Adapun yang lolos seleksi administratif dari berbagai latar belakang profwsi seperti advokat, akademisi, purnawirawan polri, asn, wiraswasta, jurnalis dan aktivis,” jelas Prof Kiki, di kantor Kompolnas, Jakarta Selatan, 23 Juli 2024.

Dari 87 laki-laki, satu diantaranya adalah eks aktivis 98 lolos seleksi administasi calon komisioner Kompolnas 2024 – 2028 yaitu Bambang Suranto.

Dia merasa terpanggil dengan tantangan Prof Kiki mengajak anak bangsa menuju kepolisian yang lebih baik.
“Jangan hanya mengkritik dan bicara di ruang publik dan masuk didalamnya (kepolisian),” kata Bambang menirukan pesan Prof Kiki, lewat pesan tertulisnya.

Aktivis reformasi ini juga meyakini dengan membangun karakter polisi yang lebih baik dapat menjadi harapan penegak hukum di masyarakat.

Diketahui Kompolnas merupakan pengawas eksternal kepolisianyang lahir melalui Perpres no 17 tahun 2011. “Kompolnas memiliki spirit refomasi,” pungkas Ketua Indonesia Civilian Police Watch ini.

Disampaikan juga dari 107 orang yang lolos seleksi administrasi calon komisioner ini dijadwalkan seleksi tes tertulis pada tanggal 30 Juli 2024.(***)