TMMD  

Ada TMMD Reguler Pemalang, Masyarakat Jatiroyom Wajib Ronda Malam

Pemalang – Dari gambar adalah kegiatan anggota Satgas TMMD Reguler 104 Pemalang dalam upaya menciptakan kondusifitas wilayah desa sasaran pembangunan, Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Inilah harapan pimpinan TNI yang mewajibkan anggota Satgas TMMD Reguler tinggal menumpang di rumah-rumah penduduk.

Empat orang anggota Satgas TMMD yaitu Koptu Kuswoyo, Praka Lili dan Pratu Yudin dari kesatuan Yonif 407 Padma Kusuma ditambah Koptu Gani dari Brigif 4 Dewa Ratna, menggerakkan warga masyarakat untuk ronda malam di Poskamling Rt. 08 Rw. 03 Dudun/Desa Jatiroyom.

Sebelum berlangsungnya TMMD, ronda malam jarang dilakukan oleh masyarakat Jatiroyom, mengingat desa mereka aman dan kondusif. Walaupun demikian, Satgas TMMD menganjurkan untuk menggiatkan kembali jaga malam karena banyaknya warga baru yang ada di desa mereka.

Diungkapkan Koptu Gani, “Namanya ada TMMD ya pasti ada ronda malam, setelah kurang lebih 1 minggu kami ada disini, kini desa mulai nampak tingkat kedisiplinan serta tanggung jawab warga dalam menjaga keamanan lingkungan,” ungkapnya.

Diterangkannya kepada kawan ronda masyarakat yang antara lain Kasnari 57, Obim (38), Hasyim (29) dan Lukman (22), bahwa ronda malam bertujuan untuk mengamankan wilayah baik gangguan keamanan maupun bencana alam. Pihak desa juga akan segera menyusun jadwal jaga baru dari masing-masing RT.

Upaya ini sangat diapresiasi oleh Kasi Pemerintahan, Adi Sumitro (36) yang juga merangkap sebagai Ketua Linmas Jatiroyom. Pasalnya, selain memberikan rasa aman dan ketenangan warga yang istirahat, juga sebagai wahana tukar informasi serta mempererat rasa kekeluargaan. (Aan Pendim Pemalang/Joko).