TMMD  

Filosofi Kooperasi Ala Rayap Diaplikasikan di TMMD Pemalang

Pemalang – Puluhan anggota Satgas TMMD 104 Pemalang bersama masyarakat melanjutkan progres 40 % pembangunan saluran drainase sepanjang 209 meter dan lebar dan ketinggian 0,5 meter.

Hal ini dibenarkan Danki Satgas TMMD dari Yonif 407 Padmakusuma, Lettu Infanteri Masraniansyah bahwa, keterlibatan anggota Satgas TNI dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh sebanyak 108 orang, Polri 10 orang, masyarakat 65 orang dan perangkat desa sebanyak 3 orang.

“Mereka sudah paham akan tugas dan pekerjaannya masing-masing. Saya yakin kalau bekerja bersama-sama seperti rayap, sasaran akan selesai sebelum penutupan TMMD (27/3),” ucapnya.

Lanjut digambarkannya, kooperasi ala rayap setidaknya dapat diambil empat pelajaran yaitu gotong-royong dalam penyelesaian suatu pekerjaan, menabung, berjiwa sosial dengan membagi makanan yang diperoleh dan kebersamaan dalam satu kesatuan (bekerja dan istirahat dilakukan bersama).

“Perilaku rayap jika kita terapkan dalam pekerjaan TMMD, seberat apapun medannya akan dapat diselesaikan dengan kerja sama yang baik. Jangan saat diawasi saja, namun dengan ikhlas untuk mensejahterakan masyarakat Jatiroyom,” tegasnya. (Aan Pendim Pemalang/Joko).