Pacitan Masih Zerro Penyebaran Cacar Monyet Namun Perlu Kewaspadaan

Cacar Monyet

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Cacar Monyet atau  Monkeypox (MPox) yang saat ini sudah mulai masuk ke Indonesia, masyarakat Pacitan harus mulai waspada dengan adanya penyebaran virus tersebut meskipun belum merambah ke Kabupaten Pacitan. Pasalnya, gejala penyakit tersebut sangat mirip dengan kasus smallpox (cacar).

“Untuk di Kabupaten Pacitan belum ada tanda-tanda atau pasien dengan gejala cacar monyet,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Daru Mustiko Aji kepada wartawan melalui WA massangernya.

Sedangkan untuk ciri-ciri monkeypox, meski lebih ringan daripada smallpox, Mpox dapat menyebar sewaktu-waktu dan menjadi wabah di beberapa wilayah dimana untuk masa inkubasinya bisa mencapai 3 minggu sehingga dapat menyebabkan virus menjadi lebih cepat tersebar luas.

Untuk pencegahannya, dapat dilakukan antara lain:

  • Mpox menular melalui kontak langsung dengan ruam bernanah dikulit termasuk saat berhubungan seksual
  • Orang yang berhubungan seks dengan banyak pasangan danberganti–ganti, berisiko tinggi tertular mpox. Kelompok risiko utama adalah laki-laki yang melakukan seks dengan sejenis.
  • Jangan berhubungan seks dengan pasangan yang menunjukkan gejala mpox seperti ruam bernanah di kulit
  • Dianjurkan untuk menggunakan masker medis apabila tubuh kurang sehat
  • Jika mengalami gejala mpox seperti muncul ruam bernanah, atau keropeng di kulit:
  1. Segera periksakan diri ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit
  2. Jangan melakukan kegiatan di luar rumah dan hindari kerumunan

Adanya penyebaran MPox ini, menurut dr Daru Mustiko Aji beberapa upaya yang dilakukan saat ini adalah meningkatkan kewaspadaan dini dengan melakukan pemantauan kasus sindrom ruam akut yang memiliki faktor risiko sesuai definisi operasional kasus, penyebarluasan informasi tentang mpox, meningkatkan komunikasi resiko sesuai pedoman terutama pada kelompok kunci.