FILM  

Baim Wong Debut Jadi Sutradara di Film Horor Lembayung

Jakarta, Nusantarapos – Prime Eagle Studios dan Tiger Wong Entertainment mempersembahkan film horor Lembayung. Di film ini, Baim Wong debut perdana menjadi sutradara.

Lembayung bukan hanya menampilkan teror yang menyeramkan, melainkan juga drama misteri thriller yang menegangkan serta memiliki plot twist mengejutkan. Mengikuti pengalaman mengerikan Pica bersama dengan temannya, Arum, saat sedang menjalani kegiatan PKL (magang) di unit poli gigi sebuah klinik di pinggiran Yogyakarta. Suatu malam, pasien misterius berambut panjang yang menyeramkan datang ke poli gigi, membuat Pica dan Arum sangat ketakutan hingga terbawa ke mimpi.

Kemudian berbagai peristiwa janggal mulai terjadi, diikuti dengan runutan kejadian tragis di Klinik Lembayung yang mereka alami. Saat Arum kerasukan, Pica berusaha mengungkap misteri Klinik Lembayung sebelum sahabatnya menjadi korban.

Cerita dari film ‘Lembayung’ diangkat dari sebuah utas (thread) horor ‘Jin Poli Gigi’
yang ditulis oleh Pica melalui akun @saturnrushx di media sosial Twitter/X. Thread tersebut sempat populer pada tahun 2022 hingga mendapat ribuan retweet dan likes dari para pembacanya. Akan tetapi, cerita dalam thread tersebut tidak selesai lantaran Pica berhenti menulis karena trauma akan pengalaman mengerikan yang menimpanya.

Menyambut perilisan dari film perdananya sebagai sutradara, Baim Wong menjelaskan kalau filmnya nanti akan menjadi film horor yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Alih-alih penuh dengan misteri dan teror yang dahsyat, ‘Lembayung’ di sisi lain justru banyak mengupas sisi-sisi humanis manusia yang jarang atau bahkan belum pernah diangkat.

“Film ‘Lembayung’ ini akan hadir sebagai sajian horor yang fresh mulai dari tampilan luarnya hingga ke dalam cerita. Sehingga bukan hanya mengandalkan sisi horornya saja, namun juga mengangkat sisi yang belum pernah dibahas sebelumnya. Harapannya, film ini dapat menjadi solusi bagi para penonton yang mungkin sedang merasa jenuh dengan tema film-film saat ini,” jelas sutradara Baim Wong.

Diproduseri oleh Emilka Chaidir, film ‘Lembayung’ dibintangi oleh dua ratu horor Indonesia yang sedang naik daun, yaitu Taskya Namya sebagai Pica serta Yasamin Jasem sebagai Arum. Selain mereka berdua, film ini juga turut dibintangi oleh sejumlah nama-nama besar di industri perfilman Indonesia seperti Arya Saloka, Oka Antara, Anna Jobling, Erick Estrada, Asri Welas, Daffa Wardhana, Ence Bagus, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, Sari Nila, Mario Maulana, dan Dayu Wijanto.

Wulan Guritno mengaku bangga dengan hasil film ini, terutama kepada Baim Wong yang dinilainya mau belajar menjadi sutradara.

“Bangga ya, nggak nyangka juga hasilnya seperti ini, bukannya under estimate Baim. Dia orangnya mau belajar, dia detail, seperti ini hasilnya aku sangat amaze,” kata Wulan usai Press Screening Lembayung di XXI Epicentrum Walk, Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Lembayung akan tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia mulai tanggal 19 September 2024. (Arie)