DESA  

Pemerintah Desa Suger Kidul Gelar Karnaval Lestarikan Budaya Nusantara

Jember, Nusantarapos.co.id – Menyambut peringati HUT RI ke 79, Pemerintah Desa (Pemdes) Suger kidul Kecamatan jelbuk menggelar acara karnaval budaya yang diikuti seluruh warga Suger kidul beraneka ragam kostum digunakan Sabtu (14/9/2024) siang.

Karnaval budaya bertema “Lestarikan budaya Nusantara” ini memulai start dari Balai desa Suger kidul finis Lapangan Suger pada pukul 13.00 wib dengan jarak tempuh kurang lebih 3 kilometer.

Kades Suger kidul Muzamil berada di barisan depan dengan menggunakan pakaian adat bersama istri dan kedua anaknya. Acara Karnaval budaya ini diikuti oleh seluruh jajaran Pemdes suger kidul serta RT/RW yang berada di desa Suger kidul. Turut serta lembaga dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Jelbuk antusias peserta mengikuti karnaval budaya tersebut, juga tidak luput perwakilan dari Muspika yang keseluruhan membawa tema kebhinekaan.

“Kegiatan ini mengingatkan kepada masyarakat tidak lain adalah sebagai tanda perhormatan untuk para pahlawan yang telah membela Negara kesatuan NKRI dan Tumbuh kembangkan Perekonomian Masyarakat Suger kitup,” ucap Kades Muzamil.

Dia menyatakan, “Sangat senang dengan partisipasi masyarakat sangat mendukung jalannya Kegiatan karnaval yang tiap tahun di selenggarakan. Semoga dengan adanya acara ini bisa mempererat tali silaturahmi serta kekompakan antar masyarakat dan semoga acara ini berjalan aman dan lancar hingga selesai. Semoga tahun depan kita bisa lebih meriah lagi,” paparnya.

Kegiatan ini Pihak Kapolsek Jelbuk menertipkan lalulintas demi lancarnya kegiatan karnaval sebab yang di gunakan Jalan Protokol, melibatkan untuk pengamanan dan kelancaran kurang lebihnya 50 personil dari Koramil dan Polsek serta Pol PP Kecamatan dan Linmas untuk mengamankan kegiatan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sound system yang mengiringi para peserta karnaval tidak masuk kedalam finish untuk menghindari kemacepatan. Kita meminta agar jangan menggunakan volume terlalu besar yang sekiranya tidak mengganggu kenyamanan masyarakat,” pungkas Kades Suger kidul.(Trisno)