Dosen Perbanas Institute Laksanakan PKM untuk Pelaku Usaha UMKM di Bekasi

Foto bersama Tim dosen dari Perbanas Institute dengan laundry Taurus Mitra Aspact.

Bekasi, NUSANTARAPOS.CO.ID – Para dosen dari Perbanas Institute kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kali ini menyasar pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Taurus Mitra Aspact Laundry yang berlokasi di Perumahan Taman Harapan Baru, tepatnya di Jl. Medan Satria , Kota Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2024 ini bertujuan untuk membantu pengembangan usaha laundry melalui pelatihan Pemasaran Digital dan pemberian sejumlah bantuan untuk menunjang kegiatan operasional usaha.

Pada era digital seperti sekarang, penggunaan teknologi dalam memasarkan produk atau layanan menjadi sangat penting, terutama bagi pelaku usaha UMKM seperti Taurus Mitra Aspact Laundry. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, para pengusaha laundry dibekali dengan pengetahuan dasar hingga lanjut mengenai bagaimana strategi pemasaran digital dapat diterapkan secara efektif. .

Adapun materi yang disampaikan meliputi pemanfaatan platform media sosial, strategi iklan digital, serta optimasi website yang mereka miliki untuk meningkatkan visibilitas bisnis mereka di dunia maya.

Ketua Tim dosen dari Perbanas Institute Dr. Ir. Markonah ASAI., M.M., dalam sambutannya, menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan solusi nyata bagi pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi dengan maksimal dalam mengembangkan bisnisnya.

“Digitalisasi usaha bukan hanya tren, tapi kebutuhan yang esensial. Dengan pemahaman yang baik tentang pemasaran digital, kami berharap para pengusaha UMKM seperti Taurus Mitra Aspact Laundry dapat meningkatkan daya saing mereka dan menjangkau lebih banyak pelanggan,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (22/9/2024).

Selain pelatihan, sejumlah bantuan juga diberikan untuk mendukung kelancaran dan perkembangan usaha Taurus Mitra Aspact Laundry. Bantuan tersebut meliputi:

1. Mesin cuci baru yang dapat meningkatkan kapasitas dan efisiensi layanan laundry.

2. Sebuah website khusus yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan layanan secara online, sehingga dapat memperluas jangkauan pelanggan.

3. Aplikasi laundry berbasis smartphone yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan, melacak status cucian, hingga melakukan pembayaran secara digital.

4. Iklan media sosial yang dioptimalkan melalui platform seperti Facebook dan Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan menjangkau calon pelanggan di area sekitar Bekasi.

Ketua Tim dosen dari Perbanas Institute Dr. Ir. Markonah ASAI., M.M., sedang menerima proposal.

Pelatihan ini tidak hanya bersifat teori, namun juga menghadirkan sesi praktek langsung di mana para peserta dilatih cara mengelola kampanye iklan di media sosial serta mengoperasikan aplikasi laundry. Iklan di media sosial diajarkan oleh Bapak Saripudin, S.Kom., M.M., sedangkan pengoperasian aplikasi laundry dibimbing oleh Bapak Dr. Yohanes Fery Cahaya SE.,MM.

Selain itu, sosialisasi website tauruslaundry.id juga dilakukan oleh Bapak Suharyanto Skom,. MM. Dengan demikian, para peserta diharapkan mampu langsung menerapkan apa yang telah dipelajari dalam kegiatan ini ke dalam bisnis sehari-hari mereka.

Taurus Mitra Aspact Laundry adalah salah satu pelaku usaha yang telah lama beroperasi di wilayah Perumahan Taman Harapan Baru, Kota Bekasi, dan memiliki basis pelanggan setia. Dengan adanya dukungan teknologi digital melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, diharapkan Taurus Mitra Aspact Laundry dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanannya, serta bersaing dengan bisnis laundry lain yang telah menggunakan teknologi serupa.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi lebih banyak pelaku UMKM di wilayah Bekasi untuk mulai beralih ke digitalisasi dalam pengelolaan usaha mereka. Perbanas Institute melalui kegiatan PKM ini berkomitmen untuk terus mendukung para pengusaha lokal dalam mengembangkan usaha mereka dengan menggunakan pendekatan teknologi yang relevan dan tepat guna.

Keberhasilan acara PKM ini didukung oleh Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dosen Perbanas institute dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kembidkbud.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan konsultasi bisnis antara peserta dengan para dosen, di mana para peserta sangat antusias bertanya tentang berbagai hal terkait pengembangan bisnis berbasis digital. Antusiasme ini menunjukkan bahwa pelatihan dan bantuan yang diberikan sangat relevan dan dibutuhkan oleh para pelaku UMKM di wilayah tersebut.

Tentang Perbanas Institute
Perbanas Institute adalah institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang ekonomi, bisnis, dan teknologi, yang terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui berbagai program Pengabdian Kepada Masyarakat. Melalui kegiatan PKM, Perbanas Institute berupaya membantu pelaku UMKM di Indonesia untuk lebih siap menghadapi tantangan bisnis di era digital.