BUDAYA  

Ry Hyori Dermawan Perkenalkan Wayang Ajen dan Jamu ke Siswa SDN Rawamangun 05

Puteri Anak Indonesia Budaya 2023 Ry Hyori (tengah) berpose bersama Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SDN Rawamangun 05/Foto: Arie

Jakarta, Nusantarapos – Puteri Anak Indonesia Budaya 2023 Ry Hyori Dermawan hari ini mendatangi SDN Rawamangun 05 Jakarta Timur untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia yaitu wayang Ajen dan jamu.

Ry Hyori mengawali kunjungannya dengan memperkenalkan diri di depan siswa siswi kelas 4. Kemudian, acara dilanjutkan dengan atraksi Tarian Nusantara Berdendang yang ditampilkan oleh dua penari profesional.

Setelah itu, Ry Hyori tampak menemani para siswa siswi menonton pertunjukan wayang Ajen dari sanggar Yayar Ajen Bekasi, dan dilanjutkan dengan presentasi pembuatan jamu godog oleh Mbok Jamu.

Ry Hyori mengungkapkan alasan kenapa dirinya terdorong untuk memperkenalkan dua warisan budaya Indonesia tersebut.

“Karena wayang itu juga salah satu tolak ukur budaya Indonesia kan, dan aku yakin anak-anak seumur Ry Hyori dan teman-teman itu pasti tertarik banget pengen belajar tentang wayang,” ujarnya saat diwawancarai awak media di SDN Rawamangun 05, Jakarta Timur, Selasa (24/9/2024).

Puteri Anak Indonesia Budaya 2023 Ry Hyori menghibur siswa siswi SDN Rawamangun 05/Foto: Arie

Sedangkan mengenai jamu, remaja 12 tahun ini mengatakan bahwa jamu memiliki khasiat yang baik untuk tubuh karena dibuat dari rempah rempah asli Indonesia.

“Teman-teman harus tahu lebih banyak tentang jamu, karena jamu itu salah satu budaya Indonesia yang bikin sehat juga dan itu sangat bagus buat kalian,” jelas Ry Hyori yang juga berprofesi sebagai penyanyi.

Pada kesempatan tersebut, Ry Hyori mengaku senang dan tak menyangka kehadirannya disambut meriah. Bahkan usai acara, para siswi juga tertarik berbincang dan berfoto dengan Ry Hyori.

“Sangat bersyukur dan senang sekali Hyori bisa berkunjung kesini untuk belajar bersama teman-teman juga,” kata putri pasangan Charles Darmawan – Mesen Yulianti ini.

Di tempat sama, Wahidah Purwaningsih selaku Kepala Sekolah SDN Rawamangun 05 Jakarta mengaku senang dengan kunjungan Ry Hyori.

“Pastinya senang sekali dengan adanya Putri Anak Indonesia Budaya disini, memberikan pengetahuan baru kepada anak-anak, mengenalkan budaya-budaya yang memang perlu kita junjung tinggi, tadi ada wayang ya, ada juga jamu. Anak-anak jaman sekarang itu kan hobinya nontonnya bukan wayang, tapi dengan diperkenalkan oleh yang seusia dengan anak-anak, anak-anak akan lebih tertarik,” jelasnya.

Terakhir, Wakil Kepala Sekolah Suparti juga tak lupa mengungkapkan harapannya. Beliau ingin di tengah gempuran budaya luar yang masuk ke Indonesia, para generasi bangsa khususnya anak-anak sekolah dasar tetap mencintai dan melestarikan budaya tanah air.

“Harapannya agar anak-anak tetap mencintai budaya Indonesia ya, dari Sabang sampai Merauke,” pungkasnya. (Arie)