Peraih 2 Medali Perunggu PON Aceh-Sumut yang Bercita-Cita Jadi Kowad

Azzahra Melani Arjisetya

MADIUN,NUSANTARAPOS, – Azzahra Melani Arjisetya, putri sulung dari anggota Kodim 0803/Madiun, Peltu Parji, berhasil mempersembahkan 2 medali perunggu untuk kontingen Jawa Timur dari Cabor bulu tangkis di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Medali itu diraihnya dari sektor tunggal putri dan beregu putri.

Meski target utamanya adalah meraih medali emas, namun ia mengaku tetap bangga dengan pencapaiannya itu.

“Sebetulnya saya sangat ingin bisa mendapatkan medali emas pada PON Aceh-Sumut kemarin. Tapi karena pada saat melawan Jawa Tengah, lawan bermain lebih baik, akhirnya saya harus bisa menerima kekalahan. Tetapi tentunya saya juga bangga atas medali perunggu ini,” kata Azzahra dalam keterangannya, Rabu (25/9/2024).

Kegagalannya mendapatkan medali emas tidak lantas membuat gadis kelahiran Madiun ini berkecil hati. Namun justru memotivasinya untuk menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi di kejuaraan-kejuaraan bulu tangkis berikutnya.

Target terdekatnya adalah meraih medali emas pada kejuaraan nasional Piala Panglima TNI dalam rangka HUT ke-79 TNI yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang di GOR KONI, Bandung.

Di balik karier gemilangnya dalam Cabor bulu tangkis, namun Azzahra mengaku masih mempunyai cita-cita besar dalam hidupnya yang belum terwujud, yakni menjadi seorang Komando Wanita Angkatan Darat (Kowad). Cita-citanya dari kecil tumbuh berkat kekagumannya terhadap sosok sang ayah yang merupakan prajurit TNI.

“Alasan saya bercita-cita menjadi Kowad, karena sejak kecil saya merasa bangga melihat ayah saya menjadi anggota TNI AD. Dari kebanggaan itu menimbulkan rasa keinginan yang kuat agar nanti saya bisa menjadi Kowad dan melanjutkan pengabdian orang tua di TNI AD,” terangnya.

Dalam waktu dekat jika dibuka penerimaan prajurit TNI AD, ia mengaku siap dan akan berusaha yang terbaik untuk mewujudkan cita-citanya itu. “Semoga saya bisa diterima,” ujarnya.

Menekuni bulu tangkis sejak usia dini, Azzahra mulai bergabung dengan PB MNC Madiun pada tahun 2010-2017. Selanjutnya bergabung di PB Putra Mahesa hingga tahun 2019, dan saat ini bergabung dengan PB Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Selain kedua medali PON itu, perempuan kelahiran tahun 2005 itu juga memiliki puluhan medali lainnya dari berbagai kejuaraan bulu tangkis di tingkat nasional.

Tak hanya tingkat nasional, ia juga memiliki sederet prestasi di tingkat internasional. Seperti Top 4 Jaya Raya Junior Internasional Grand Pix Tangerang 2022, Top 4 Croasia Valmar Open 2022, Runner Up Polytron Superliga Internasional Jogjakarta 2022, Semifinalis Jaya Raya Internasional Grand Pix 2023, dan Top 8 India Junior Internasional Grand Pix 2024.