Survei IPS Pilgub Sulteng: BERAMAL 48,6%, BERANI 24%, SANGGANIPA 16,3%

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Lembaga Survei Indonesia Political Survey (IPS) merilis hasil survei Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah 2024. Hasilnya, dukungan pemilih untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ahmad Ali-Abdul Karim Al Jufri, atau disingkat BERAMAL paling tinggi. Diikuti, Anwar Hafid-Reny Lamadjido (BERANI), serta Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto (SANGGANIPA). Hal tersebut disampaikan Direktur Riset IPS, Anto Nuryasin, sebagaimana rilis kepada media di Jakarta, Jum’at (4/10/2024).

IPS adalah lembaga survei yang tergabung dalam Asosiasi Peneliti Survei Indonesia (APSI). Secara berkala melakukan survei perilaku pemilih di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan pada 25 September – 2 Oktober 2024. Populasi survei adalah seluruh WNI di Sulteng yang punya hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.000 responden, margin of error ± 3.1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sulteng yang terdistribusi secara proporsional.

Menurut Anto, pasangan BERAMAL ada di peringkat pertama, unggul cukup jauh atas pesaing lainnya.

“IPS baru saja mengumpulkan data lapangan, hasilnya dukungan untuk BERAMAL tertinggi di Pilgub Sulteng, sebesar 48,6%. Jauh di bawahnya, BERANI dengan angka 24%. Ketiga, SANGGANIPA 16,3%. Angka yang belum menentukan pilihan atau atau undecided voters tinggal tersisa 11,1%,” kata Anto

Ada beberapa faktor, sebut Anto, mengapa BERAMAL menang cukup telak atas dua kompetitornya. Pertama, karena Ahmad Ali dan Abdul Karim Al Jufri merupakan figur yang paling populer di Sulteng. Selanjutnya, karena kedua pasangan ini paling disukai masyarakat.

“Modal popularitas dan kesukaan ini membuat BERAMAL sangat mudah diterima publik. BERAMAL punya rekam jejak yang cukup baik. Dua-duanya mewakili generasi muda. Dan, yang menarik mayoritas warga Sulteng hari ini inginkan perubahan,” tandasnya.

Saat ditanya, apakah pasangan BERAMAL akan memenangkan PIlgub Sulteng 2024? Anto menjawab, hal tersebut sangat bergantung pada strategi pasangan ini.

“Tidak mudah memprediksi siapa pemenang pilkada. Hanya saja, BERAMAL sekarang sudah unggul jauh dan angka yang belum memutuskan pilihannya tersisa sedikit saja. Sebaliknya, para kompetitornya tidak banyak melakukan gerakan yang bisa mengubah konstelasi dukungan. Nampaknya, BERAMAL agak sulit dibendung untuk jadi pemenang Pilgub Sulteng,” tutup Anto. *(Ghobriz).