TMMD  

Satgas TMMD ke-104 bantu warga untuk hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan hal yang harus diterapkan dalam kehidupan keluarga, terutama di wilayah pedesaan. Kondisi nyata yang ada di pedesaan adalah, masih ada warganya yang melakukan BAB di sungai atau kebun sekitar rumahnya.

Aktifitas rutin seperti ini bisa berakibat buruk bagi warga sekitar. Karena minimnya pengetahuan, dan kurangnya biaya sehingga warga biasanya mengambil jalan mudah.

Akibat yang bisa ditimbulkan adalah kualitas air minum yang tercemar oleh limbah manusia. Dampak yang bisa ditimbulkan bagi manusia adalah mudah terserangnya penyakit diare atau kolera.

Dengan adanya pembuatan jamban keluarga dalam program TMMD ke-104 Reguler TA. 2019 di Desa Tungka Kec. Enrekang Kab. Enrekang, warga dibantu untuk mulai merubah pola hidup menjadi yang lebih sehat.

Sebanyak 20 unit jamban keluarga dibangun di desa Tungka yang tersebar di 4 dusun. “Ada 20 unit jamban keluarga yang akan dibangun di Ds. Tungka. Masih ada sekitar 95 orang warga yang belum memiliki jamban keluarga,” ujar Pasiter Kodim 1419/Enrekang.