TMMD  

Pasaran Permainan Tradisional Favorit di TMMD 104 Jatiroyom Pemalang

PEMALANG, Nusantara Pos.Com- Keberadaan permainan tradisional memang saat ini jarang ditemui apalagi di perkotaan, karena gadget mengambil alih peranan tersebut. Sebenarnya banyak game klasik manual yang tidak kalah performanya dengan mobile legend, pubg, free fire yang tengah viral di kalangan anak kecil. Seperti gobak sodor, pasaran, coretan, benthik, congklak, bentengan dan lain sebagainya.

Menurut Kokok Widiyanto Ketua Karang Taruna Desa Jatiroyom.” permainan jadul ini sangat bagus untuk membentuk karakter anak, saya prihatin banyak anak yang sekarang lebih memilih gawai atau hp, padahal permainan klasik lebih aman dari berbagai pengaruh negatif.” Ucap pria yang akrab disebut kokok ini. Rabu (20/3/2019).

Ketua karang taruna ini berharap berbagai penelitian, manfaat permainan tradisional bisa masuk di dalam kurikulum khusus soal permainan tradisional sehingga tidak diakui negara lain.

Ditambahkan Kopral Totok mengatakan.” Dunia anak-anak adalah dunia bermain, seiring perkembangan teknologi, macam mainan anak pun semakin beragam, sedangkan permainan tradisional anak sempat tersisih. Padahal permainan tradisional anak Indonesia bersifat edukatif. Permainan tradisional Indonesia mampu merangsang saraf motorik, serta meningkatkan perkembangan mental dan kecerdasan emosional anak.” Imbuhnya.