TMMD  

Tumbuhkan Minat Baca, Warga Jatiroyom diBeri penyuluhan Tentang Perpustakaan Desa

PEMALANG, NusantaraPos.Com – Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) yang dilaksanakan oleh Kodim 0711/Pemalang, sejauh ini sudah memberikan manfaat yang sangat banyak bagi warga desa Jatiroyom-Parunggalih dari semua lini, termasuk kegiatan non fisik yang dikerjakan.

Guna menumbuhkan minat baca masyarakat desa jatiroyom kecamatan bodeh, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi pemasyarakatan perpustakaan desa/kelurahan lingkup pemerintah kabupaten Pemalang. Rabu, (21/3/2019).

Selaku pembawa materi pada kegiatan tersebut, Suci Puji Andewi S.Pd, mengatakan, perpustakaan desa dan kelurahan ini diciptakan untuk menarik minat baca dan semangat belajar bagi masyarakat, terutama bagi remaja yang putus sekolah sehingga bisa termotivasi kembali untuk melanjutkan jenjang sekolahnya.

“Terutama bagi para remaja yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta memotivasi mereka untuk dapat terus belajar melalui buku-buku (koleksi) dan informasi yang ada di perpustakaan sesuai bidang-bidang yang diminati,”paparnya.

Lanjut Puji, Perpustakaan desa, juga dapat dipandang sebagai basis pemasyarakatan di tengah-tengah masyarakat.Kebutuhan masyarakat akan informasi ataupun bacaan mencerdaskan, telah dipenuhi tanpa harus menempuh perjalanan panjang ke perpustakaan umum di pusat ibu Kota/Kabupaten.

“Semakin banyak berdiri perpustakaan desa, maka akan semakin besar kemungkinan masyarakat dilayani, yang artinya akan semakin merata pula layanan perpustakaan,”ujarnya.

Jika hal itu tercapai, menurutnya tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa dan kelurahan sebagai sarana memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat, bisa terwujud.(*)