TMMD  

Kepala Desa Jatiroyom : Terimakasih Pemkab Pemalang dan TNI

Pemalang – Sejak datangnya pembangunan Pemerintah di desanya melalui TMMD Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang, warga Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh kini lebih semangat andil dalam pembangunan membantu TNI.

Jalan layak yang mereka impikan selama ini menuju ladang jagung (baron, sebutan masyarakat setempat) dengan menggarap Hutan Perhutani RPH Kaliwadas KPH Pemalang, sudah menampakkan sebagai layaknya jalan umumnya.

Itulah yang sekarang dirasakan warga masyarakat Jatiroyom umumnya dan warga Desa Parunggalih khususnya karena akan segera terkoneksi ke Jatiroyom sejauh 4 kilometer 10-15 menit. Jatiroyom sendiri adalah desa yang dilewati penduduk Parunggalih jika akan mengakses ke Kota Kecamatan Bodeh. Pasalnya, sebelumnya harus menempuh 19 kilometer hanya untuk ke Jatiroyom saja.

Hadirnya sejumlah pembangunan infrastruktur melalui TMMD tersebut, telah berhasil membuat masyarakat tumbuh kembali jiwa gotong-royong maupun peka terhadap lingkungan. Budaya ronda malam dihidupkan, ngaji bareng anak-anak warga, masyarakat diajarkan langsir batu estafet, diajak olah raga bersama, menghidupkan jamaah masjid dan lain-lain.

“Pokoknya banyak Pak, hal positif yang telah dilakukan TNI Pak. Desa kami jadi ramai sekarang, jualan apa saja laku,” ungkap Kades, Riyanto (55) mengapresiasi. Kamis (21/3/2019).

Walaupun pekerjaan masih menyisakan pekan terakhir sebelum ditutup 27 Maret ini, namun manfaat TMMD secara langsung maupun tidak langsung mulai dinikmati masyarakat guna mendongkrak penjualan hasil panen ke kota, selain sebagai akses pendidikan dan pelayanan kesehatan terdekat bagi masyarakat Parunggalih.

“Mewakili masayarakat Jatiroyom dan Parunggalih, saya ucapkan sekali lagi terima kasih kepada Pemarintah Daerah, TNI-Polri dan seluruh pihak yang membantu,” imbuh Riyanto. (Aan Pendim Pemalang).