Banner Iklan Sariksa
TMMD  

TMMD Reguler Pemalang Maksimalkan Batu Alam Jatiroyom

Pemalang – Batu gunung yang biasanya terlihat di Kali Maribaya maupun Kali Bacin, punah di tangan Pratu Gigih, anggota Satgas TMMD Reguler 104 Pemalang asal Yonif 407 Padma Kusuma dan Sisu (50) warga Desa Kesesirejo RT. 03 RW. 06 Kecamatan Bodeh.

Pun dengan yang ada di sepanjang makadam sepanjang 805 meter dan rabat beton 919 meter. Gigih terlihat sangat gigih mencincang batu gunung demi impian bersama banyak warga yang mayoritas menggarap Hutan Perhutani RPH Kaliwasa maupun Sokawati KPH Pemalang (Desa Jatiroyom, Parunggalih dan Kesesirejo), sebagai sarana pengangkutan hasil panen kedepannya.

Apa yang dilakukan keduanya hanya demi memastikan ketersediaan batu bagi para anggota Satgas dan warga pekerja lainnya dalam merampungkan pembangunan jalan selebar 2,5 meter (makadam dan rabat beton), saluran drainase 209 meter lebar dan kedalaman 0,5 meter, 3 unit riol/gorong-gorong yang masing-masing panjang 6 meter lebar dan ketinggian 0,5 meter serta pembuatan talud 3 panjang 30 meter lebar 30 centimeter dan tinggi 1,5 meter.

Batu juga telah merampungkan pembangunan Jembatan Limpas Kali Bacin (panjang 20 x lebar 3,5 meter), pemasangan dua unit bronjong kawat panjang total 48 meter, talud I dan dua dengan volume masing-masing panjang 67 meter lebar 30 centimeter dan tinggi 1,5 meter serta rehab 3 unit RTLH 10 bantuan Baznas.

Pekerjaan luar biasa dan tidak akan sia-sia. Sumbangan keahlian memecah batu adalah cerminan ungkapan terima kasih warga masyarakat atas seluruh yang diberikan di Jatiroyom khususnya, walaupun bukan desa Gigih namun banyak kepentingan di akses tersebut untuk juga dinikmati anak-anak dan cucu kelak. (Aan Pendim Pemalang).