TMMD  

Di Hutan Perhutani RPH Kaliwadas, Satgas TMMD Pemalang Sisipkan Wasbang

Pemalang – Program TMMD Reguler 104 tahun 2019 di Kabupaten Pemalang, dilaksanakan Kodim 0711 dengan objeknya yaitu masyarakat Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Untuk sasarannya meliputi pembangunan fisik berupa infrastruktur umum dan non fisik berupa edukasi melalui penyuluhan dan sosialisasi.

Program terjadwal selama 30 hari ini, selain fisik sudah mulai diwarnai dengan edukasi non fisik di Balai Desa Jatiroyom (6/3) berupa sosialisasi penanganan ujaran kebencian dan tindak pidana pungli, pemahaman dan pencegahan Tipikor, Kompetensi/kewenangan absolut Peradilan Agama dan penelantaran dalam rumah tangga serta penyelesaiannya serta kesadaran bela Negara.

Selain tersebut, juga telah dilaksanakan sosialisasi tentang bahaya Narkoba dan kenakalan remaja di Kantor Desa Parunggalih (7/3), desa tetangga Jatiroyom.

Dilapangan, salah satu anggota Satgas TMMD, Serda M. Rozi tak mau ketinggalan membangun karakter para Pemuda Karang Taruna Jatiroyom dengan menyisipkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan.

Dikatakannya, “Wawasan kebangsaan merupakan wujud dari sumpah pemuda sebagai pemersatu tekad bangsa. Jika wawasannya luas terhadap keragaman NKRI sebagai sumber kekuatan bangsa, maka Indonesia akan disegani bangsa lainnya sebagai kekuatan yang terdiri dari kemajemukan,” bebernya, dengan menggunakan bahasa sehari-hari agar mudah ditangkap dan dipahami.

Ditambahkannya, sebagai satu wujud kecintaan terhadap tanah air dan bangsa adalah keterlibatan mereka saat ini dalam membantu Satgas TMMD mengerjakan jalan (mengeraskan Makadam 805 x 2,5 meter) dan melanjutkan pengecoran jalan/rabat beton (919 x 2,5 meter). Contoh lainnya adalah tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga dan memelihara aset fisik TMMD sehingga nantinya berdaya pakai lama. (Tarjo Pendim Pemalang/Aan).