TMMD  

Sapu Gelagah Keliling Khas Pemalang, Harapkan Pesanan Baru

Pemalang – Salah satu pedagang sapu gelagah keliling antar desa dan kecamatan yang masih eksis sampai sekarang adalah Hasani (59) warga Desa Kesesirejo Rt. 3 Rw. 02 Kecamatan Bodeh.

Terlihat dirinya melayani pembeli dan pertanyaan dari Serma Imam, anggota Satgas TMMD dari Kodim 0711 Pemalang.

Sapu buatannya dijual dengan harga yang sangat murah yaitu 6000 rupiah/sapu, namun berbanding terbalik dengan kualitasnya yang bukan murahan alias berkualitas. Harga ini akan berbeda jika sudah masuk ke took maupun pengepul sapu untuk dijual ke luar kota maupun di ekspor ke negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia dan India dalam skala kecil.

Ia mengaku dari hasil penjualan keliling sapu khas Kabupaten Pemalang dengan becaknya, dirinya mendapatkan keuntungan lebih dari biasanya.

“Beberapa Bapak ABRI juga membeli sapu gelagah buat kenang kenangan katanya. Ada juga yang membelikan buat ibu kos,” ungkap Hasani yang belum mengetahui bahwa ABRI sudah berubah nama menjadi TNI dan ibu kos adalah orang tua asuh dari anggota Satgas TMMD yang rumahnya ditinggali selama satu bulan pembangunan.

Hasani juga berharap dengan publikasi yang dilakukan Kodim, ke depan ada rutinitas pesanan baru baginya wehingga usia senjanya tak perlu keliling lagi. (Aan Pendim Pemalang).